Jakarta (ANTARA) - Memasuki hari ke delapan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2024, antusiasme pengunjung masih terasa untuk melihat berbagai jenis moda transportasi baik roda dua maupun roda empat.

Tidak hanya yang berbahan bakar bensin ternyata moda transportasi berbahan bakar listrik juga semakin mendapat peminatnya, termasuk transportasi roda dua atau motor listrik.

Berikut beberapa daftar jenama motor listrik yang hadir di GIIAS 2024 yang bisa menjadi referensi.

Baca juga: ALVA bakal meluncurkan model motor listrik baru di GIIAS 2024

Baca juga: Comau Luncurkan Solusi "Hairpin Stator" Terpadu untuk Produksi Motor Listrik


1. Alva Cervo Q

Motor listrik keluaran Alva menampilkan unit terbarunya, yakni Alva Cervo Q. Di bandingkan Alva Cervo model lama Cervo Q sudah dilengkapi dengan suspensi yang lebih baru dan dual channel ABS. Untuk jarak jauh, jok Cervo Q juga lebih empuk dibandingkan model sebelumnya dan memiliki sandaran di bagian tulang ekor (lumbat support seat) yang memberi nilai tambah dari kenyamanan berkendara.

Pada aksesoris dan pemberitahuan kecepatan di dashboard sudah terdapat layar sentuh (touch screen) dengan display pesan dan jam.

Pada performa jarak tempuh, Alva Cervo Q bisa menempuh jarak 125 kilometer dengan top speed mencapai 103 kilometer per jam.

Motor ini juga dilengkapi dengan dua baterai berkapasitas 72 volt atau 1800 watt, dengan pengisian baterai dari kosong hingga penuh sekitar 4 jam.

Alva Cervo Q dibanderol dengan harga pra pemesanan Rp49,5 juta on the road, tersedia warna Viridian Green, Halo White, dan Supernova Black.

2. Exotic Vito E-Motor

Jenama motor listrik di bawah naungan Pacific Group, Exotic memiliki unit terbaru yakni Vito E-Motor.

Motor listrik ini memiliki fitur speedometer digital, dan sudah ada fitur mundur otomatis. Dinamo motor 1000 watt bertegangan 72 volt. Untuk pengisian daya, motor listrik ini membutuhkan waktu sekitar lima sampai enam jam untuk penuh.

Jarak tempuh Vito E-Motor sekitar 65 kilometer dan memiliki tiga pilihan berkendara, yakni Eco, Normal dan Sport, dengan kecepatan maksimal 55 kilometer per jam.

Exotic Vito E-Motor dibanderol dengan harga Rp5,7 juta dan sudah bersubsidi, memiliki pabrik di Semarang sehingga motor akan siap kirim dalam dua bulan setelah pemesanan. Ada empat pilihan warna yakni Red, Blue, Yellow, dan White.

3. Ion M1-S

Ion Mobility memperkenalkan motor listrik terbarunya, yakni Ion M1-S. Motor yang di desain setara motor konvensional 250 cc ini memiliki jarak tempuh 150 kilometer dan dilengkapi mesin mid-drive dan tenaga puncak 12,5 kilowatt.

Untuk motor ini Ion Mobility merancang sendiri baterai lithium-ion built-in dengan kapasitas 4,3 kWh. Baterai ini juga sudah mendapat sertifikasi IP67.

Pengisian daya juga dipermudah berkat built-in charger dengan kepala soket 2 pin dan kabel sepanjang 3,5 meter, dan hanya membutuhkan waktu 3 jam sampai baterai terisi penuh.

Ion M1-S dibanderol dengan harga Rp49 juta on the road, dan memiliki tiga pilihan warna yaitu Molten Grey, Spectre Black, Tempest Blue.

4. Polytron Fox S
​​​​​​​
Motor listrik lainnya yang tampil di GIIAS 2024 adalah Polytron Fox S. Kendaraan roda dua ini dirancang untuk menemani gaya hidup dinamis, motor listrik ini memiliki jarak tempuh 70 kilometer dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam.

Memiliki kapasitas baterai 1,94 kWh, motor ini cocok untuk dipakai berkendara dengan jarak pendek dan casual rider. Dengan suspensi telescopic fork untuk ban depan dan dual shock dual swing arm di ban belakang membuat motor ini sangat nyaman dikendarai.

Fitur lainnya yang jadi unggulan pada tipe Fox S adalah Anti Theft Security, Find Charging Point, Check Battery Status dan Ride Stats yang sudah digital.

Harga yang ditawarkan Polytron Fox S adalah Rp11,5 juta dengan memberlakukan penyewaan baterai tetap selamanya dengan harga Rp125.000,- per bulan.

Baca juga: IMOTO resmi kenalkan sepeda motor elektrik pertamanya di Indonesia

Baca juga: Tips aman berkendara dengan sepeda motor listrik

Baca juga: Mengenal Sunra Future, motor listrik dengan daya jelajah 115 km
​​​​​​
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024