Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa mobil Toyota Kijang Innova Zenix yang digunakan oleh Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus selama agenda kunjungan kenegaraan di Indonesia diurus langsung oleh protokoler pemerintah.

"Untuk detail terkait mobilnya, ini diurus langsung oleh protokoler pemerintah," ujar Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy saat dihubungi ANTARA, Selasa.

Anton mengatakan pihak Toyota tidak dilibatkan dalam penyiapan kendaraan yang diluncurkan pertama kali secara global di Indonesia pada November 2022 tersebut.

Baca juga: Paus Fransiskus gunakan Innova Zenix selama kunjungan di Indonesia

Lebih lanjut Anton mengatakan pihaknya sangat menghargai keputusan Paus Fransiskus untuk menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix selama kunjungannya di Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut menunjukkan bahwa Toyota Kijang Innova Zenix adalah kendaraan yang dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk keperluan kenegaraan yang penting.

Lebih dari itu, Toyota Kijang Innova Zenix juga merupakan mobil produksi lokal dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) lebih dari 80 persen.

Baca juga: Innova Zenix hybrid tawarkan kenyamanan berpadu efisiensi BBM

"Ini menjadi rasa bangga tersendiri baik bagi kami maupun warga Indonesia karena mobil produksi Indonesia dapat digunakan oleh beliau untuk keperluan mobilitas saat berkunjung ke Indonesia," kata Anton.

Pihaknya berharap kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia untuk membawa pesan perdamaian dapat diterima dan disambut dengan baik oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia selama 3-6 September 2024 sebagai rangkaian lawatan ke kawasan Asia-Oseania. Hingga saat ini, tiga Pemimpin Gereja Katolik Roma telah berkunjung ke Indonesia. Selain Paus Fransiskus pada 2024, dua lainnya yang pernah ke Indonesia, yakni Paus Paulus VI pada 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada 1989.

Baca juga: Kijang Innova Zenix hadir sebagai mobil impian keluarga Indonesia

Baca juga: Upaya Toyota dalam memangkas inden All New Kijang Innova Zenix
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024