Tangerang, Banten (ANTARA) - Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, mengungkap data penjualan produk ramah lingkungan (mobil listrik/hybrid) Toyota di pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 naik enam kali lipat dibanding tahun lalu.

Anton mengatakan hingga Jumat (18/8), penjualan produk ramah lingkungan Toyota di GIIAS 2023 mencapai 775 unit, dengan Kijang Innova Zenix Hybrid menempati penjualan terlaris, yakni sebanyak 543 unit.

“Mudah-mudahan ini bisa jadi salah satu indikator bahwa produk-produk Toyota semakin ramah lingkungan dan masyarakat Indonesia juga semakin mengerti dan meminati produk-produk ramah lingkungan,” kata Anton, pada jumpa pers di GIIAS 2023, Sabtu.

Baca juga: Toyota kenalkan GR Corolla di GIIAS 2023, lebih kencang dari GR Yaris

Selain Kijang Innova Zenix Hybrid, dua versi hybrid dari Yaris Cross dan Alphard terbaru juga menjadi primadona di kategori ramah lingkungan.

“Baik Innova Zenix, Yaris Cross, dan Alphard baru ini rata-rata 70-80 persen surat pemesanan kendaraannya adalah memang yang tipe hybrid, jadi ini memperkuat dugaan kita terhadap pasar semakin berkembang ke ramah lingkungan,” jelas Anton.

Adapun secara total, hingga dua hari sebelum berakhirnya pameran otomotif tersebut, jumlah penandatanganan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Toyota mencapai 3.714 unit kendaraan.

Lima tipe mobil terlaris tersebut adalah Avanza Veloz terjual 745 unit, Kijang Innova Zenix terjual 543 unit, Calya sebanyak 539 unit, Agya 428 unit, dan Alphard terbaru sebanyak 197 unit.

“Jadi luar biasa penjualannya ini merata dari kelas Agya hingga Alphard, dan dibandingkan tahun lalu di hari yang sama, penjualan itu meningkat 14 persen,” ujarnya.

Pameran otomotif terbesar di Indonesia GIIAS 2023 masih akan berlangsung hingga 20 Agustus 2023 mendatang di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Baca juga: Nama Toyota Rangga terinspirasi dari bahasa Jawa

Baca juga: Land Cruiser mungkin dapatkan PHEV, Hidrogen, Dan EV di masa depan

Baca juga: All New RAV4 GR Sport PHEV dipasarkan, berapa harganya?

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023