Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra (TAM) dalam menghadirkan Kijang Innova generasi ketujuh, sangat memberikan gambaran yang berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya baik dari segi performa, pemilihan mesin dan juga kenyamanan di dalamnya.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid salah satu yang menjadi pembeda pada generasi Toyota Kijang sebelumnya yang sudah hadir sejak 1970-an yang mereka sebut dengan julukan Buaya.

Beberapa waktu yang lalu, ANTARA diberikan kesempatan untuk merasakan secara langsung bagaimana Innova Zenix memberikan kenyamanan kepada penggunanya.

Baca juga: Belum sebulan meluncur, Toyota Innova Zenix catatkan 7.200 SPK

Baca juga: Toyota Innova Zenix Hybrid rilis global di Indonesia harga Rp458 juta


ANTARA mencoba Toyota Kijang Innova Zenix hybrid versi tertinggi selama lima hari, uji coba kenyamanan, performa dan juga efisiensi ini dilakukan dari Jakarta menuju Kota Kembang, yakni Bandung, Jawa Barat.

Dalam perjalanan ini, kendaraan hybrid yang mampu menampung tujuh penumpang ini, tidak terisi secara utuh. Di dalam kendaraan ini, terisi oleh tiga orang dewasa dan juga satu penumpang balita.

Kenyamanan

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid tipe tertinggi yang diuji oleh ANTARA, tidak perlu diragukan lagi dalam merepresentasikan kendaraan keluarga yang aman dan juga nyaman dengan salah satu penumpang anak berusia dibawah lima tahun.

Balita biasanya m7dah tidak nyaman dengan hal baru atau cepat bosan dengan perjalanan yang cukup jauh. Namun, dengan menggunakan Zenix tipe tertinggi ini selama perjalanan tidak ditemukan tanda-tanda jenuh. Hal itu berkat hadirnya dual rear seat entertainment (RSE). Yang menariknya, bagian ini memisahkan antar penumpang lainnya.

Penumpang lainnya dapat menikmati hiburan kesukaannya sendiri tanpa harus bergantung pada penumpang di sebelahnya. Layar ini dapat menampung berbagai program kegemaran seperti YouTube, Netfilx hingga Disney HotStar dan lain sebagainya.

Untuk pengaturan suara, fasilitas yang harus terhubung ke internet ini dapat diatur menggunakan bluetooth. Sehingga, pengguna lainnya dapat menggunakan earbuds agar tidak mengganggu penumpang lainnya.

Baca juga: Kelebihan TNGA: GA-C yang dipakai Innova Zenix Hybrid EV

Sehingga, anak dengan nyaman menikmati berbagai fasilitas yang di ada di Zenix. Untuk dapat menunjang kenyamanan berkendara lainnya, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan bangku yang dapat diatur sesuai dengan keinginan sang penumpang bagian belakang.

Tidak hanya itu saja, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan kabin yang super lega ditambah dengan layar entertainment yang berukuran 10 inci untuk tipe yang kami gunakan.

Head unit ini juga dapat disambungkan dengan ponsel pintar pengguna dengan sangat mudah untuk menemani perjalanan berlibur. MPV keluarga yang kami gunakan ini memiliki desain captain seat.

Kelegaan ruangan semakin terpancar ketika fitur panoramic roof kami gunakan. Sehingga, suasana luar tidak hanya bagian samping, belakang maupun depan dan juga bagian atas kini bisa dinikmati.

Fitur ini tidak hanya menampilkan kesan yang mewah, hadirnya panoramic roof juga memberikan keleluasaan penumpang untuk menikmati pemandangan indah selama perjalanan.

Selain itu ada juga fitur New Power Backdoor with Voice Command yang semakin mempermudah kami ketika harus membuka bagasi belakang dengan berbagai barang yang kami bawa dan New Captain Seat With Ottoman yang menawarkan kenyamanan premium.

Tidak hanya fokus pada pengembangan desain yang nyaman, Toyota juga menyajikan berbagai fitur keselamatan pada unit yang kami uji. Diantaranya adalah TSS 3.0 (Toyota Safety Sense) seperti SRS Airbag, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, dan Blind Spot Monitoring.

Tersedia juga fitur Lane Departure Alert, Automatic High Beam, Dynamic Radar Cruise Control untuk tipe Q HV dan ISOFIX yang membuat kursi bayi dan balita jauh lebih aman.

Hanya saja, mobil yang kami gunakan ini masih menggunakan pengaturan manual untuk bagian kursi pengemudinya.

Baca juga: Toyota Innova Zenix catatkan 14 ribu pemesanan

Efisiensi

Berteknologi hybrid dan juga internal combustion engine (ICE), membuat kendaraan MPV keluarga ini memiliki tenaga dan juga efisiensi yang bisa digolongkan sangat irit.

Generasi ketujuh dari Toyota Innova yang bernama All New Kijang Innova Zenix ini hadir dengan dua varian yang bisa disesuaikan oleh konsumennya yakni mesin hybrid dan mesin bensin 2.0L.

Pada varian hybrid, Kijang Innova Zenix hadir dalam tiga tipe utama, yakni G, V, dan Q sebagai tipe tertinggi. Sementara varian mesin bensin tersedia dalam dua tipe yaitu G dan V.

Perjalanan dari Jakarta menuju Bandung, Jawa Barat ini memiliki konsumsi BBM rata-rata mencapai 28 km/l dengan kecepatan rata-rata 70 km/j. Sehingga, menjadikan mobil ini sangat irit untuk digunakan dalam jarak yang cukup jauh.

Mesin bensin yang disematkan di dalamnya memiliki kapasitas 1.987 cc dengan teknologi Dual VVT-i yang diklaim oleh Toyota sudah melewati berbagai tahap ujian.

Untuk motor listriknya sendiri, mobil ramah lingkungan ini menggunakan teknologi hybrid sistem generasi ke-lima. Performa dari kendaraan ini yang kami rasakan sangat bertenaga terlebih menemui jalan yang menanjak.

Harga

Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid EV ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp464 juta untuk tipe Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 G HV CVT, kemudian Rp538 juta untuk tipe Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 V HV CVT Modelista.

Untuk tipe Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista, Toyota membanderolnya dengan harga Rp617 juta. Seluruh harga tersebut untuk area Jabodetabek dan berstatus On The Road (OTR).

Baca juga: Toyota ungkap 70 persen pasar meminta mobil hybrid

Baca juga: Toyota ungkap data penjualan mobil listrik naik enam kali lipat


Baca juga: Toyota berkomitmen tingkatkan komponen lokal kendaraan listrik

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023