Jakarta (ANTARA) - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia membukukan total 833 surat pemesanan kendaraan dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, yang berlangsung dari 18 sampai 28 Juli di ICE BSD City, Tangerang, Banten.

"Walaupun pasar otomotif nasional mengalami tantangan di awal tahun ini, kehadiran GIIAS telah memberikan angin segar dan harapan baru. Kami percaya bahwa perekonomian nasional, khususnya di sektor otomotif, akan terus berkembang," kata Chief Operating Officer PT EMI Ricky Thio sebagaimana dikutip dalam siaran pers perusahaan di Jakarta, Jumat.

Menurut data perusahaan, Mazda CX-5 merupakan kendaraan yang paling banyak dipesan selama pameran dengan jumlah pesanan 237 unit (28,5 persen) disusul CX-3 dengan jumlah pesanan 223 unit (26,8 persen).

Mobil hatchback Mazda3 berada di peringkat ketiga dalam daftar mobil laris selama pameran dengan jumlah pesanan 134 unit (16,1 persen), diikuti oleh CX-60 dengan jumlah pesanan 106 unit (12,7 persen) dan CX-30 dengan jumlah pesanan 46 unit (5,5 persen) di posisi keempat dan kelima.

Ricky menyebut angka pemesanan CX-60 selama GIIAS 2024 melampaui ekspektasi perusahaan, yang menargetkan pemesanan 30 unit kendaraan tersebut selama pameran.

Baca juga: Suzuki sudah menghentikan penjualan Ignis di pasar Indonesia

Baca juga: Pengamat proyeksikan penjualan kendaraan elektrik tumbuh walau pelan


Selama GIIAS 2024, Mazda memperkenalkan edisi terbaru dari SUV premium andalan Mazda CX-60, Mazda CX-60 Pro (2.5L AWD) seharga Rp799 juta (on the road Jakarta).

Ricky mengemukakan bahwa penjualan Mazda CX-60 antara lain ditopang oleh tingginya minat terhadap Mazda CX-60 Edisi Kuro dan Elite (3.3L AWD).

Selain itu, Mazda CX-60 Pro (2.5L AWD) juga mendapat respons positif dari konsumen otomotif dan terjual habis selama pameran berlangsung.

"Pencapaian ini menunjukkan bahwa Mazda CX-60 sudah diterima dengan baik oleh konsumen produk premium di Indonesia, menjadikan brand positioning Mazda masuk dalam jajaran brand otomotif premium, dan siap bersaing di kelasnya," kata Ricky.

Baca juga: Toyota kantongi 4.245 surat pemesanan kendaraan di GIIAS 2024

Baca juga: Toyota pertahankan posisi teratas dalam penjualan kendaraan global
 

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024