Jakarta (ANTARA) - Mobil listrik semakin menarik perhatian konsumen masyarakat Indonesia. Selain ramah lingkungan, teknologi mobil listrik terus berkembang, termasuk peningkatan jangkauan jarak mengemudi.

Salah satu kekhawatiran utama pengguna mobil listrik adalah jarak tempuh dalam sekali pengisian daya. Namun, kini banyak mobil listrik di Indonesia yang menawarkan jarak jangkauan yang jauh sehingga bisa menemani perjalanan tanpa sering-sering mengisi daya.

Berikut adalah jenis mobil listrik yang memiliki jarak tempuh terjauh di Indonesia yang bisa menjadi pilihan menarik.

1. Mercedes Benz EQS

Mobil ini bisa menempuh hingga 770 km dalam sekali pengisian daya penuh. Mobil listrik ini dibandrol dari harga Rp 2,984 - Rp 3,95 Miliar.

Mercedes-Benz EQS menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas besar, yaitu sekitar 107,8 kWh dengan tenaga listrik 333 hp untuk varian EQS ini. Dalam pengguna mobil ini, dapat mengisi daya baterai hingga 100% dalam waktu sekitar 10 jam menggunakan AC charging.

2. Mercedes Benz EQE
​​​​​​​
​​​​​​​
Mobil ini mampu menempuh jarak hingga 673 km dalam sekali pengisian daya. Harga mobil ini mencapai Rp 2,3 Miliar.

Mercedes-Benz EQE juga dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkapasitas 90 kWh, yang mendukung jarak tempuh panjang dengan tenaga listrik 292 hp. Tak jauh berbeda dengan Mercedes Benz EQS, dalam pengisian daya hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam dengan AC charging.

3. Tesla Model S

Tesla Model S diklaim dapat menempuh jarak hingga 647 km bagi variasi Long Range, sedangkan variasi Plaid hingga 578 km.

Dengan penggunaan baterai lithium-ion, mobil ini memiliki kapasitas baterai hingga 100 kWh. Dalam pengisian baterai termasuk tidak memerlukan waktu lama, penggunaan DC charging (fast charging) 0% - 80% butuh waktu sekitar 20 menit, sedangkan penggunaan AC charging (normal charging) 0%-100% selama 7-8 jam.

4. BYD Seal
​​​​​​​
​​​​​​​
BD Seal ini bisa menempuh jarak hingga 650 km varian Premium dan 510 km bagi varian Dynamic, dalam sekali pengisian daya penuh. Mobil ini mencapai harga Rp 719 Juta.

BYD Seal dibekali dengan baterai Blade Battery berkapasitas sekitar 82,5 kWh, yang dirancang khusus oleh BYD dengan tenaga listrik 313 hp. Penggunaan baterai ini tidak hanya memiliki kapasitas besar, tetapi juga terkenal dengan keamanannya dan ketahanannya terhadap panas. Dalam pengisian daya baterai AC charging hingga 100% memerlukan waktu sekitar 11 jam.

5. BMW iX XDrive 50

Mobil listrik BMW premium ini menawarkan kemampuan jarak tempuh yang cukup jauh. Dalam sekali pengisian daya penuh, mobil ini mampu menempuh hingga 630 km.

BMW iX xDrive 50 dibekali dengan baterai berkapasitas 108,8 kWh dengan tenaga listrik 326 hp, memberikan daya besar dan efisiensi tinggi. Pengisian baterai dapat diisi 10% hingga 80% hanya dalam waktu sekitar 31 menit menggunakan DC pengisian daya cepat, sedangkan AC charging hingga 100% selama 7-8 jam.

6. Tesla Mondel 3 Long Range RWD
​​​​​​​
​​​​​​​
Dalam sekali pengisian daya, mobil ini mampu menempuh jarak mengemudi sekitar 584 km berdasarkan standar pengujian EPA.

Tesla Model 3 Long Range dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 79,5 kWh, Mobil ini juga mendukung pengisian cepat, baterai dapat terisi hingga 80% hanya dalam waktu sekitar 33 menit, sedangkan hingga 100% sekitar 7-8 jam.

7. Hyundai IONIQ 6

Hyundai IONIQ 6, mobil listrik dengan desain aerodinamis, memberikan kemampuan jarak tempuh yang efisien. Dalam satu kali pengisian daya penuh, mobil diklaim mampu menempuh jarak hingga 519 km setelah diuji coba WLTP.

Hyundai IONIQ 6 menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 77,4 kWh dengan tenaga listrik 322 hp. Mobil ini juga mendukung pengisian daya cepat, baterai dapat diisi hingga 10-80% hanya dalam waktu sekitar 18 menit menggunakan pengisian daya cepat dengan daya hingga 350 kW, sedangkan daya 50 kW sekitar 73 menit. Pengisian daya normal hingga 100% sekitar 11 jam.

Selain itu, teknologi Vehicle-to-Load (V2L) memungkinkan pengguna untuk menggunakan daya dari mobil untuk perangkat listrik lain, menambah nilai fungsionalitasnya.

8. Toyota bZ4X

Toyota bZ4X yang menawarkan jarak tempuh cukup terjangkau untuk penggunaan harian. Dalam sekali pengisian penuh, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 500 km.

​​​​​​​Toyota bZ4X dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh dengan tenaga listrik 201 hp. Pengisian daya baterai mobil ini relatif cepat, dalam penggunaan DC charging (fast charging) 0-80% sekitar 30 menit dan penggunaan AC charging hingga 100% sekitar 8-9 jam.

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024