Tangerang, Banten (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menilai pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 bisa membantu mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang.

"GIIAS bagi Provinsi Banten, khususnya Kabupaten Tangerang, ini strategis dan penting sekali, karena agenda kerjanya mendorong berbagai sektor, tidak hanya otomotif tapi juga di luar dari sektor otomotif," kata Al Muktabar, yang menghadiri acara pembukaan GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang, Kamis.

Menurut Al Muktabar, penyelenggaraan GIIAS antara lain mendukung peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah lokal dan meningkatkan okupansi hotel-hotel di sekitar tempat pelaksanaan pameran.

Al Muktabar juga mengemukakan bahwa selama ini sektor otomotif merupakan salah satu penyumbang terbesar pendapatan daerah melalui pajak kendaraan bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

"Kita harapkan dengan GIIAS ini ada di antara kita yang melakukan pembelian kendaraan baru, mengganti kendaraannya, sehingga ini merupakan pemicu daya tumbuh ekonomi di Provinsi Banten," katanya.

Baca juga: Wapres minta kemandirian industri otomotif nasional terus dibangun

Baca juga: Pertamina Patra Niaga perkenalkan bahan bakar hijau di GIIAS 2024


Al Muktabar menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi Banten dalam mendukung ekonomi hijau dan mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

Menurut dia, pemerintah daerah bersiap menghadapi transisi menuju ke penggunaan kendaraan berbasis elektrifikasi dengan melakukan langkah-langkah penyesuaian, antara lain menyiapkan regulasi dan memfasilitasi penyediaan infrastruktur pendukung.

Dalam hal infrastruktur, Al Muktabar mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten telah menjalin kerja sama dengan PLN dan swasta untuk menyediakan fasilitas pengisian daya kendaraan listrik.

Tempat-tempat pengisian daya kendaraan elektrik sudah mulai tersedia di area rehat, dan pemerintah daerah terus memfasilitasi serta mendukung pengembangan infrastruktur tersebut.

"Jadi, kita pemerintah daerah selalu memfasilitasi dan mendukung, karena itu semua menuju kebaikan dan kesejahteraan bagi masyarakat Banten," kata Al Muktabar.

GIIAS 2024 berlangsung di ICE BSD, Tangerang, dari 18 sampai dengan 28 Juli 2024.

Pameran otomotif itu menghadirkan 55 jenama ternama seperti Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jaecoo-Omoda, Jetour, Kia, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volvo, Volkswagen, dan Wuling.

Kendaraan komersial Isuzu, Hino, Fuso, dan UD Trucks serta kendaraan beroda dua dari Honda, Harley Davidson, Italjet, Royal Alloy, Royal Enfield, dan Scomadi juga dipamerkan di GIIAS 2024.

Baca juga: Pemerintah berkomitmen akselerasi ekosistem kendaraan listrik

Baca juga: OJK sebut penetrasi pembiayaan kendaraan listrik capai 8,2 persen

 
Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024