Jakarta (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) dalam menggelar kegiatan Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2024, menambah uji materi menggunakan kendaraan elektrik yakni Honda EM1 e:

Penambahan uji materi menggunakan kendaraan elektrik ini, bertujuan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam menyikapi berbagai perubahan kebiasaan dalam industri otomotif saat ini.

“Tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kami menyertakan EV atau EM1 e: dalam uji materi ini. Hal itu kita lakukan agar jaringan teknisi siap dalam peralihan EV nantinya,” kata Technical Service Division (TSD) PT. Astra Honda Motor (AHM) Ade Muhajir di Cikarang, Jawa Barat, Jumat.

Baca juga: Biker Honda PCX konvoi motor rayakan Hari Kemerdekaan

Dalam pengujian ini, para teknisi ditantang untuk memahami dan juga memecahkan permasalahan yang dihadapkan. Tidak hanya memecahkan masalah, para teknisi juga diminta untuk mengusai berbagai teknologi yang ada di dalam kendaraan tersebut.

Kegiatan yang sudah dilakukan sejak tahun 1992 itu, menghadirkan tiga kategori seperti Service Advisor, Teknisi Commuter, dan Teknisi Big Bike. Dalam setiap kategori yang dipertandingkan, uji materi yang disediakan juga berbeda.

Pasalnya, kendaraan Honda yang diujikan dalam setiap kategori juga berbeda. Untuk Kategori Commuter, uji materi menggunakan Honda Genio dan untuk kategori Fun menggunakan Honda CB500X.

Baca juga: KLHN 2024, diikuti lebih dari 8 ribu kontestan

Pengujian dan pemilihan unit ini pun menyesuaikan dengan perkembangan teknologi sepeda motor Honda yang semakin advance dan canggih.

“Untuk Fun ini, kita menggunakan Honda CB500X dan juga ingin menyesuaikan dengan apa yang nantinya digunakan pada ajang Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contes,” ujar dia.

Baca juga: AHM dorong SDM muda cermat isu hoaks dengan berikan literasi digital

Rangkaian seleksi AHM-TSC 2024 telah diselenggarakan sejak April 2024 dan melibatkan sekitar 7.500 teknisi, 2.500 service advisor dari 3.700-an AHASS di seluruh Indonesia serta 22 teknisi Big Bike dari 11 Big Wing yang berada di 9 kota besar di Indonesia.

Dalam proses pemilihan teknisi sepeda motor Honda terbaik pada level AHASS dan regional, seleksi melibatkan seluruh main dealer Honda, sehingga terpilih 29 teknisi, 29 service advisor, dan 11 teknisi Big Bike terbaik yang bersaing pada babak final di Astra Honda Safety Riding & Training Center (AHSRTC), 21-23 Agustus 2024.

Baca juga: Unik, konsumen kendaraan di Makassar suka warna ngejreng

Baca juga: Edukasi publik soal motor listrik, AHM Makassar sediakan area khusus

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024