Jakarta (ANTARA) -
​​​​​PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan upaya perkuat mitigasi perubahan iklim dan pelestarian lingkungan dengan menanam ribuan pohon mangrove di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu.
 
Executive Vice President AHM Thomas Wijaya mengatakan kegiatan ini sebagai komitmen AHM dalam mendukung program pemerintah mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Tanah Air melalui payung program Sinergi Bagi Negeri Satu Hati Maju Bersama.
 
"Hari ini bersama semua anak perusahaan akan menambah 3.200 mangrove di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu. Jenis tanaman ini memiliki peranan penting untuk menjaga ekosistem pesisir, mangrove bisa menyerap karbon 5 kali lipat lebih baik dibanding tanaman lainnya," kata Thomas dalam acara media gathering AHM dan penanaman mangrove di Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu.

Baca juga: AHM dorong SDM muda cermat isu hoaks dengan berikan literasi digital

Kegiatan sinergi ini melibatkan karyawan perusahaan peduli lingkungan yang tergabung dalam Synergy Creator Squad (SC Squad), pemerintah daerah Kepulauan Seribu, komunitas Smiling Coral Indonesia, dan juga didukung oleh Astra Motor 1 Group yaitu PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT Musashi Autoparts Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries, dan PT Yutaka Manufacturing.
 
Thomas mengatakan tanaman mangrove dipilih karena sebagai pelindung dari abrasi gelombang laut, habitat bagi berbagai jenis satwa bahkan menjadi bahan penelitian di beberapa tempat. 
 
Ia berharap 3.200 pohon yang ditanam dapat terpelihara dengan baik dan memberikan dampak positif bagi ekologi dan masyarakat, tidak hanya untuk wisata namun memiliki kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan. 

Baca juga: Sinergi Bagi Negeri AHM ajak anak muda majukan bangsa
 
"Momen ini diharapkan dapat jadi langkah lanjut untuk terus melestarikan alam, setiap pohon yang kita tanam bukti nyata cinta bumi dan lingkungan serta membangun Indonesia semakin hijau dan bersih untuk masa depan," kata Thomas.
 
Dalam upaya melestarikan lingkungan dalam menjaga keanekaragaman hayati, AHM telah melakukan penanaman berbagai jenis pohon sebanyak hampir 208 ribu jenis baik mangrove, buah, maupun tanaman langka sejak tahun 2012.
 
Kontribusi lainnya adalah menerapkan produk yang ramah lingkungan mulai dari proses produksi sepeda motor Honda yakni dengan meluncurkan motor listrik EM1e dan bertahap membangun ekosistemnya, hingga pabrik yang telah memakai solar panel, dengan kapasitas sistem sebesar 10.298 kWp dan mampu menghasilkan listrik sebesar 11.140.975 kWh per tahun, hal ini setara dengan pengurangan 9.692 ton emisi CO2 per tahun.

Baca juga: YPA-MDR gelar "safety riding" untuk pelajar

Pemasangan solar panel telah dilakukan di atap gedung pabrik plant Karawang, plant Cikarang, Safety Riding & Training Center Deltamas, Part Centre serta yang terbaru di pabrik plant Deltamas.
 
Selain solar panel AHM juga menggunakan manajemen pembuangan atau waste management termasuk penggunaan water recycle di area pabrik.

Baca juga: Astra Honda Motor pasang solar panel 8.760 kWp di pabrik Karawang
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024