Makassar (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringannya, termasuk Astra Motor Sulawesi Selatan, menggelar seminar di SMK Nasional Makassar, Jumat, untuk memberikan pembelajaran mengenai berita dan isu hoaks kepada para siswa.

Selain berorientasi mengembangkan kualitas SDM generasi muda yang cakap digital, seminar yang termasuk dalam program “ESG Mission, Engaging for The Future,” tersebut juga bertujuan untuk mendukung tercapainya pendidikan berkualitas sesuai rencana pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

“Seminar ini difasilitasi Honda untuk membantu kami membentuk pola pikir siswa agar lebih cermat dalam memisahkan isu-isu dan berita-berita bohong yang semakin marak bertebaran di era teknologi seperti sekarang ini,” ujar salah satu guru sekaligus Staf Hubungan Industri SMK Nasional Makassar, Fatimah Fitria.

Baca juga: Sinergi Bagi Negeri AHM ajak anak muda majukan bangsa

Salah satu misi yang dijalankan dalam program ini adalah "Educate for You". Pada kesempatan tersebut, AHM dan Astra Motor Sulawesi Selatan menggandeng sejumlah jurnalis yang juga praktisi berpengalaman di bidang komunikasi untuk berbagi ilmu kepada generasi muda di SMK Nasional Makassar.

Beberapa narasumber didatangkan dari Jakarta, yang merupakan jurnalis nasional, salah satunya dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA.

Fokus utamanya adalah menerapkan literasi digital yang cerdas dengan tema “Memilah dan Memilih Informasi Hoax di Era Digital”.

Para siswa diajarkan untuk menjadi generasi cerdas yang dapat memilah informasi dan langkah pencegahan untuk meminimalisasi dampak negatif dari paparan informasi yang tidak benar di tengah masyarakat.

Baca juga: Teknisi Indonesia juara Kompetisi Teknik Motor Honda Asia Oceania

Para siswa SMK Nasional Makassar tengah berpartisipasi dalam seminar mengenai isu hoaks yang merupakan program “ESG Mission, Engaging for The Future,” PT Astra Honda Motor (AHM), di Makassar, Jumat (12/7/2024). (ANTARA/HO/PT AHM)

Baca juga: AHM kembali gelar festival vokasi uji ketrampilan teknis sepeda motor

“Saya sangat senang dapat memperluas wawasan saya terkait literasi digital di dunia media sosial saat ini, termasuk bagaimana bisa mendeteksi sebuah informasi hoaks dan mencegahnya agar tidak menyebar luas,” ujar salah satu siswa SMK Nasional Makassar, Fajar.

SMK Nasional Makassar merupakan salah satu SMK yang telah menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda sejak tahun 2015.

Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM di seluruh Indonesia sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda.

Baca juga: Astra Honda perkuat program bangun kewirausahaan bengkel alumni SMK

SMK yang bekerja sama dengan Honda mendapatkan kurikulum teknik sepeda motor Honda yang memiliki keterkaitan dan kesepadanan (link and match) dengan kebutuhan dunia Industri.

Para tenaga pengajar dan siswa juga dapat mengikuti berbagai kegiatan untuk meningkatkan keahlian mereka, seperti uji kompetensi guru dan seminar teknologi, serta para siswa juga dapat melaksanakan praktek kerja industri di seluruh jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) atau bengkel resmi Honda.

Hingga Juni 2024, AHM telah memiliki 710 SMK Mitra Binaan AHM yang tersebar di 295 kota atau kabupaten di 36 Provinsi di seluruh Indonesia. Di antara sekolah binaan tersebut, terdapat 108 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa/siswi SMK mitra binaan AHM yang ingin melakukan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Astra Honda.

Baca juga: YPA-MDR gelar "safety riding" untuk pelajar

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024