Jakarta (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya membuka layanan pengecekan rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) pada sejumlah model sepeda motor Honda yang sebelumnya secara luas dikeluhkan mengalami kropos, bahkan sebagian patah.

Layanan pengecekan ini dilayani oleh bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan AHM membuka layanan contact center 24 jam untuk penanganan setiap sepeda motor konsumen.

"Kami sangat berhati-hati dalam melakukan penelusuran dan analisa dengan menyelidiki penyebab permasalahan yang dikeluhkan," kata Direktur Marketing AHM Octavianus Dwi Putro dalam siaran pers resmi yang dirilis, Jumat (1/9).

Baca juga: Ditjen PKTN Kemendag minta AHM prioritaskan hak konsumen

Dia mengatakan bahwa AHM kooperatif membantu kementerian melakukan analisa terhadap keluhan konsumen ini. "Terima kasih atas kepercayaan kepada AHM dan seluruh jaringan Honda," katanya menambahkan.

Berdasarkan hasil pertemuan terpisah antara AHM dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Perindustrian terkait keluhan konsumen terhadap rangka eSAF sepeda motor Honda, AHM mengatakan akan bekerja sama mengikuti arahan yang diberikan.

AHM juga akan melakukan penelitian bersama melalui tim gabungan Kementerian Perhubungan dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Jika ada konsumen Honda yang masih memiliki keluhan terhadap sepeda motor Honda, AHM bersama jaringannya akan membantu untuk menanganinya," tulis AHM.

Baca juga: YLKI: AHM harus investigasi terkait keluhan rangka motor Honda patah

Rangka eSAF diperkenalkan secara luas pertama kali oleh AHM melalui skutik Honda Genio pada 2019. Rangka baru eSAF diklaim didesain khusus untuk menghasilkan kualitas rangka terbaik dengan bobot yang jauh lebih ringan agar dapat memberikan kemudahan bermanuver di jalan.

Rangka eSAF pada Honda Genio, kata AHM, dibuat melalui proses produksi mutakhir, misalnya laser welding. Strukturnya juga dikembangkan guna meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver.

Rangka eSAF juga memberikan pemanfaatan ruang yang semakin efisien terbukti dengan kapasitas luas bagasi yang mencapai 14 liter dan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 liter.

Baca juga: Kemenhub tindak lanjuti keluhan terkait rangka sepeda motor bermasalah
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023