Jakarta (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar kegiatan instruktur safety riding Honda yang bertajuk The 15th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2024.

Melalui keterangan resmi yang diterima ANTARA pada Jumat, kompetisi ini merupakan komitmen PT AHM dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam budaya berkendara yang aman dan nyaman di masyarakat.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya menerangkan bahwa dalam kegiatan ini, para instruktur mendapat banyak tantangan untuk semakin cerdas dan efektif dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara pada berbagai segmen masyarakat yang menggunakan beragam tipe sepeda motor.

“Melalui AHSRIC, kami ingin mengalibrasi kompetensi para instruktur safety riding Honda di seluruh Indonesia, sehingga mereka dapat terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara, serta berperan aktif dalam menciptakan budaya berkendara yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” ujar Andy.

Baca juga: AHM resmikan Safety Riding Lab Astra Honda yang ke-4

Baca juga: AHM edukasi ribuan pemuda berkendara aman dan nyaman


Ia melanjutkan bahwa kompetisi tahunan ini tidak hanya menguji skill teknis berkendara yang aman, tetapi juga kemampuan instruktur dalam menyampaikan informasi dengan efektif serta meningkatkan kesadaran akan prediksi bahaya di jalan raya.

Puncak acara dari kompetisi ini diadakan di Astra Honda Motor Safety Riding Park (AHMSRP) di Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada 1-4 Juli 2024, yang merupakan fasilitas pelatihan safety riding sepeda motor Honda terbesar di Asia Tenggara.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini terbagi menjadi delapan kategori seperti Instruktur Instruktur Kelas Big Bike, Instruktur Kelas Sport, Instruktur Kelas Skutik, Advisor Dealer, Advisor Komunitas Kelas Sport, Advisor Komunitas Kelas Skutik, Group Instruktur Main Dealer Honda, serta Group Safety Riding Center Main Dealer Honda.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, PT AHM menghadirkan penilaian baru dengan fokus baru perilaku berkendara yang berkeselamatan berdasar riset dari tim safety riding AHM. Semakin menarik, untuk pengujian inovasi tahun ini juga dibuka untuk seluruh kategori grup Main Dealer.

Jauh sebelum acara puncak ini, para peserta telah melewati berbagai tahapan seleksi regional yang melibatkan 120 instruktur safety riding, 2.690 advisor safety riding dari dealer Honda, dan 1.577 advisor dari komunitas Honda di seluruh Indonesia.

Dari tahap regional ini, terpilihlah 196 peserta untuk bersaing di kompetisi nasional yang terdiri dari 18 instruktur kelas big bike, 54 instruktur kelas sport, 12 instruktur kelas skutik, kemudian 28 peserta dealer advisor, community advisor sport 56 peserta, dan community advisor AT 28 peserta.

Selain itu para peserta juga akan bertanding dalam kategori grup instruktur grup main dealer dan grup instruktur Safety Riding Center.

Baca juga: AHM edukasi "safety riding" pada perempuan Indonesia

Baca juga: Erick Thohir ajak generasi milenial pelopor keselamatan berlalu lintas

Baca juga: Studi: Visibilitas penting untuk hindari risiko kecelakaan lalu lintas

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024