Jakarta (ANTARA News) - Mobil mewah Jepang, Lexus meluncurkan sedan medium seri ES pertama di Indonesia melalui ES 250 dan 300h (hibrid) yang spesifikasi disesuai dengan selera dan kebutuhan konsumen di negeri ini.

"Indonesia merupakan negara pertama di luar Jepang, dimana Lexus ES 250 dan 300h diluncurkan," kata Prinsipal Lexus Indonesia Johnny Darmawan pada peluncuran mobil mewah tersebut, di Jakarta, Rabu.

Setelah Indonesia, lanjut dia, Lexus akan meluncurkan sedan medium mewah yang harganya mencapai Rp810 juta per unit untuk ES250 dan Rp950 juta per unit untuk ES 300h, di Malaysia dan sejumlah negara lain di kawasan
Asia Pasifik.

"Hal itu karena pasar Lexus di Indonesia juga terus tumbuh. Hanya dengan satu gerai, tahun lalu penjualan Lexus di Indonesia mencapai 650 unit," kata Johnny.

Oleh karena itu, kata dia, generasi ke-6 dari Lexus seri ES tersebut diluncurkan pertama kali di Indonesia untuk kawasan Asia Pasifik. Johnny menargetkan penjualan mobil mewah yang membidik kalangan eksekutif itu bisa menembus angka 10-20 unit per bulan.

"Spesifikasi mobilnya juga disesuaikan dengan selera konsumen di Indonesia," kata Johnny. Menurut dia, ada beberapa fitur yang tidak disematkan dalam Lexus ES yang dipasarkan di negeri ini, antara lain sensor berhenti otomatis dan sensor parkir otomatis.

"Kami enggak berani bawa fitur itu, karena takutnya lagi jalan tahu-tahu berhenti mendadak, nanti dari belakang dihajar," katanya.

Selain itu, desain interiornya pun disesuaikan dengan selera tinggi konsumen mobil mewah di Indonesia. "Kalau lihat Lexus di Singapura, interiornya akan beda dengan di Indonesia," katanya.

Desain interior Lexus ES yang mencolok yakni  kursi penumpang belakang yang lebih luas pada leg room karena ada penambahan 60 mm pada bagian belakang mobil serta atap yang tinggi .  "Jadi mobil ini kursi belakangnya semakin nyaman," katanya.

Seri ES pada mobil mewah buatan Toyota Motor Corp itu juga menyediakan tiga jenis mode berkendara yakni, eco mode, normal mode dan sport mode. "Untuk EV mode hanya tersedia di mobil hybrid, Lexus ES300h saja," katanya.

Lexus ES 250 hadir dengan mesin berkekuatan 2500 cc, transmisi 6 percepatan otomatis. Kekuatan maksimalnya yakni 184PS per 6000 rpm. Sedangkan ES 300h, mobil hybrid, hadir dengan motor tipe permanent magnet sync motor dan tipe baterai sealed-nickle metal hybrid. 
Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2013