Jakarta (ANTARA) - Lexus Indonesia mengungkap penjualan produk elektrifikasinya pada 2023 meningkat drastis hingga lebih dari 130 persen dibandingkan tahun lalu.

“Kami berterima kasih khususnya pada masyarakat Indonesia yang telah memberikan respon positif terhadap kendaraan elektrifikasi Lexus, sehingga berkontribusi pada peningkatan total penjualan kendaraan elektrifikasi Lexus sebesar lebih dari 130 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu,” ujar General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma di Jakarta, Kamis.

Hingga saat ini, Bansar menyebut kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) menarik minat publik paling besar dibandingkan dengan mobil elektrifikasi lainnya seperti Battery Electric Vehicle (BEV). Pada periode Januari hingga November 2023, Lexus Indonesia mencatat total penjualan lebih dari dua ribu unit kendaraan dengan market share (pangsa pasar) lebih dari 20 persen.

Baca juga: Lexus bakal berhenti jual mobil bensin mulai 2025

Angkat tersebut, lanjut Bansar, merupakan pencapaian tertinggi sekaligus pertama kali dalam sejarah Lexus sejak hadir di Indonesia pada 2007.

Sejalan dengan visi Lexus untuk beralih sepenuhnya ke kendaraan elektrifikasi pada 2025, komposisi penjualannya pun didominasi oleh kendaraan elektrifikasi sebesar 74 persen, yang merupakan terbesar di industri otomotif premium.

“Kami tidak hanya fokus untuk menghadirkan kendaraan elektrifikasi mewah yang lebih lengkap dan personal, tetapi, kami juga senantiasa berinovasi untuk terus menyediakan berbagai layanan pendukung yang eksklusif khususnya bagi pelanggan dan mempopulerkan teknologi elektrifikasi di Indonesia,” kata Bansar.

Lexus berencana beralih ke elektrifikasi penuh pada 2025, sebelum beranjak sepenuhnya hanya menyediakan kendaraan bertenaga baterai (BEV) pada 2035. Target itu direalisasikan secara bertahap melalui kehadiran beragam kendaraan elektrifikasi yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan BEV.

Perusahaan otomotif premium Jepang itu tak lagi akan menjual kendaraan bermesin pembakaran internal (internal combustion engine) atau bensin dua tahun ke depan.

Sepanjang 2023, Lexus Indonesia telah menghadirkan tiga model elektrifikasi baru yang diawali dengan peluncuran generasi terbaru The All New Lexus RX yang memiliki pilihan powertrain terlengkap Februari lalu, dilanjutkan dengan peluncuran model BEV pertama Lexus, The All New Lexus RZ 450e pada bulan Juni, serta RX 500h bermesin hybrid.

Sementara yang terbaru pada bulan Oktober, Lexus secara resmi menghadirkan HEV The All New Lexus LM yang mengutamakan kenyamanan dan kemewahan paripurna.

Baca juga: Jadi merk mobil listrik di 2035, Lexus kenalkan dua mobil konsep

Baca juga: Lexus sambut baik rencana penggunaan kendaraan listrik di IKN

Baca juga: BYD siap masuk kompetisi mobil listrik di Indonesia

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023