Jakarta (ANTARA) - All New Mazda CX-60 baru saja resmi mengaspal di Indonesia dengan mengusung teknologi hybrid, mobil yang dibanderol dengan harga Rp1 miliar lebih ini diklaim siap bersaing di pasar premium SUV bersama dengan BMW, Volvo hingga Lexus.

Dari sisi performa, Mazda CX-60 ini dibekali dengan mesin berkapasitas 3.3L Inline 6-silinder, delapan percepatan ini sudah mengusung teknologi e-Skyactiv-G, Turbocharged serta teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System).

Dengan menggunakan mesin yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar tersebut, mobil ini sanggup menawarkan tenaga yang cukup baik. Catatan yang diberikan, Mazda CX-60 ini dapat menyemburkan tenaga sebesar 280 hp pada rentang 5.000-6.000 rpm dan torsi 450 Nm pada rentang 2.000-3.500 rpm.

Ruang hybrid dari kendaraan ini dibekali dengan motor listrik berkapasitas 17 ps pada rentang 900 rom dan juga torsi 153 Nm pada rentang 200 rpm dengan kapasitas baterai mencapai 48V.

Untuk sistem keamanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan Anti-lock Brake System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD) & Brake Assist (BA).

Baca juga: CX-50 buah kolaborasi Mazda-Toyota mulai diproduksi di AS

Baca juga: Mazda akan hapus CX-3 dari "lineup"


Selain itu terdapat juga Dynamic Stability Control (DSC) & Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HLA), Emergency Stop Signal (ESS), Front & rear parking sensors, 360 view monitor with see-through view pada kedua varian ini.

Mobil yang mengedepankan filosofi Jinba-Ittai ini, memiliki tampilan yang segar dengan tambahan aura sporty yang terlihat pada edisi Kuro yang mengedepankan kesan sporty. Hal itu, terlihat pada bagian grille, pelek, dan interior untuk kedua varian ini.

Mazda CX-60 ini hadir dengan mengusung konsep ‘noble toughness’ dengan desain Kodo yang dipadukan dengan chassis SUV berpenggerak roda belakang.

Pada sisi fender bagian depan, mobil ini mendapatkan side signature baru yang disertakan dengan emblem INLINE 6. Hal itu, guna menegaskan bahwa All-New Mazda CX-60 adalah SUV dengan performa berkendara yang luar biasa.

“Mazda dibuat oleh para Takumi, yang menjadikan Mazda sebagai “Japanese Mastery Car”. All-New Mazda CX-60 merupakan sebuah contoh yang merefleksikan spirit ini, “Truly Mass-Craftsmanship, Crafted in Japan,” kata Managing Director dari PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio pada saat peluncuran Mazda CX-60 di Jakarta, Rabu.

Pembaharuan yang hadir pada desain Kodo ini dipadukan dengan ketangguhan arsitektur SUV dengan layout FR (front engine, rear wheel drive).

Kehadirannya di pasar Indonesia disajikan dalam satu varian platform roda penggerak, yaitu All Wheel Drive (AWD) dengan setelan i-Activ yang secara primer mendukung pergerakan seluruh roda saat bergerak.

All New Mazda CX-60. (ANTARA/Chairul Rohman)


Interior
Untuk semakin menegaskan kesan premium, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan jahitan Kakenui hingga trim kulit nappa pada interior bangkunya, serta paduan material premium seperti tekstil tenun dan kayu maple dalam desain kabin kontemporer.

Kontrol kendaraan ini juga disematkan pada bagian tengah dengan menyajikan konsep ergonomis. Keseluruhan hal ini memberikan kesan ruang tenang, luas, dan canggih sehingga menciptakan kemudahan dan keselarasan saat berkendara.

“All-New Mazda CX-60 adalah bukti dari implementasi visi ini, sebagaimana dikembangkan di bawah filosofi human-centric kami. All-New Mazda CX-60 mengutamakan pengendaranya, dimana para engineer Mazda ingin menciptakan setiap aspek yang selalu memberikan pengalaman penuh kenyamanan, keamanan, dan kemudahan bagi pengendara dan orang yang di cintai,” ujar Ricky Thio.

All New Mazda CX-60. (ANTARA/Chairul Rohman)


​​​​​​​All-New Mazda CX-60 juga menghadirkan teknologi mesin terbarunya, yakni Driver Personalization System, yang dapat secara otomatis mengatur posisi mengemudi Jinba-Ittai khas Mazda hanya dengan memasukkan data tinggi badan pengemudi.

Tidak hanya dapat menyesuaikan posisi berkendara, setir, spion samping dan heads-up display, teknologi ini juga menyimpan preferensi pengemudi untuk suhu dalam kabin, pengaturan sound system dan juga sistem keselamatan aktif i-Activsense.

Yang lebih membanggakan dari kendaraan ini adalah, fitur Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive) yaitu sistem yang mengganti mode berkendara tergantung pada kondisi mengemudi, kondisi jalan, dan kondisi kendaraan.

Mode ini dapat dialihkan oleh pengendaranya dari mode Normal ke Sport hingga Off-road sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan yang dilalui.

Mobil ini juga sudah disematkan teknologi Kinematic Posture Control (KPC) yang berguna untuk memberikan pengendaraan yang stabil serta meningkatkan kenyamanan selama berkendara.

Di Indonesia, mobil ini hadir dengan dua varian yakni Kuro Edition dan Elite Edition yang dibanderol dengan harga Rp1.188.800,000 berstatus On-The-Road Jakarta.

Baca juga: Tampilan dan harga New Mazda 2 Sedan dan CX-8 yang meluncur hari ini

Baca juga: The New Mazda CX-5 terjual 857 unit sejak diperkenalkan awal April

Baca juga: PT EMI bawa The New Mazda CX-5 ke Indonesia

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023