Jakarta (ANTARA) - Untuk pertama kalinya, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia berencana memperkenalkan mobil listrik ke tanah air, diiringi pula dengan model hybrid, yang diharapkan meluncur paling cepat akhir 2024.

"Mobil listrik sedang kita siapkan, semoga akhir tahun ini sudah bisa kita bawa,” ujar Chief Operating Officer PT EMI Ricky Thio pada konferensi pers Mazda Power Drive 2024 di Jakarta, Rabu.

Ricky menyebut untuk model hybrid, mereka berencana meluncurkannya pula tahun ini, atau paling tidak awal 2025.

Baca juga: Mazda konfirmasi sedan listrik EZ-6 bakal jadi produk global

Baca juga: Mazda ungkap mobil listrik pertamanya, tersedia tahun ini

Berbeda dengan CX-60 yang telah diluncurkan pada pertengahan 2023 silam, yang tergolong mild-hybrid, Ricky mengungkap model hybrid selanjutnya akan dibekali powertrain strong-hybrid dan merupakan model global.

(Hybrid) ada juga nanti, secepatnya, kita lihat nanti, mungkin di penghujung tahun ini atau awal tahun depan,” kata dia.

Ricky tidak mengungkap model yang akan diluncurkan tersebut, namun, isyarat yang ia berikan bahwa mobil listrik tersebut adalah model global, sangat memungkinkan merujuk pada MX-30, mobil listrik pertama Mazda.

Mazda MX-30 sebelumnya juga sempat dipertontonkan di stan Mazda pada ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 untuk memberikan kesempatan kepada para pecinta otomotif tanah air untuk melihat kendaraan ramah lingkungan itu lebih dekat.

Sejumlah pabrikan otomotif mulai berlomba-lomba menyajikan mobil listrik di Indonesia, namun hingga kini, Mazda belum juga ikut serta, sama seperti Honda, Subaru, Suzuki, Daihatsu, dan beberapa lainnya.

Baca juga: Mazda MX-30 mobil berdesain terbaik di Jepang

Baca juga: Konsep Mazda Arata EV isyaratkan saingi Tesla Model Y di tahun 2025

Baca juga: Mazda adopsi port pengisian daya Tesla untuk EV yang akan datang

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024