Jakarta (ANTARA) - Sebuah supercar Lexus LFA eksklusif yang dimiliki oleh komedian terkenal Inggris Rowan Atkinson telah terdaftar untuk dijual dengan harga 874.995 pound sterling (sekitar Rp17,5 miliar) di situs web Pistonheads. 

Dikenal karena kecintaannya pada mobil-mobil berperforma tinggi - termasuk McLaren F1 yang terkenal karena kecelakaan yang dialami komedian ini untuk kedua kalinya pada tahun 2011 dan kemudian dijual dengan harga 15 juta dolar Australia (sekitar Rp156 miliar) - Atkinson telah memiliki beberapa kendaraan yang paling banyak dicari di dunia. 

Sementara karakternya yang paling terkenal, Mr Bean, terlihat mengemudikan mobil Mini dari kursi santai di atas atap dengan seutas tali, Lexus LFA adalah perangkat keras yang jauh lebih canggih.  

Baca juga: Lexus RC F dibandrol Rp2,8 miliar


Tampilan bodi utuh tampak belakang supercar Lexus LFA milik Rowan Atkinson (ANTARA/Pistonheads.com)
Knalpot supercar Lexus LFA milik Rowan Atkinson (ANTARA/Pistonheads.com)

Dibangun pada tahun 2012 sebagai salah satu dari 198 contoh setir kanan dari total produksi global sebanyak 500 mobil, Pistonheads, dikutip Drive, Minggu, mengatakan bahwa Atkinson telah memiliki LFA Pearl White sejak tahun 2022, dengan kendaraan tersebut berada di Jepang sebelum dipindahkan ke Inggris.

Supercar dengan penggerak roda belakang dua pintu ini mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam 3,7 detik dan kecepatan tertinggi 327 km/jam.

Baca juga: Lexus unjuk LFA Code X terbaru di Tokyo

Ditenagai oleh mesin bensin V10 berkapasitas 4,8 liter yang diputar pada putaran tinggi 8700 rpm, supercar tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 412 kW dan 480 Nm. 

Mesin yang dipasang di tengah - yang dikenal sebagai 1LR-GUE - dilengkapi dengan perangkat keras berkinerja tinggi termasuk piston yang ditempa, katup titanium, dan peredam suara belakang berbahan titanium.


Supercar Lexus LFA milik Rowan Atkinson tampak samping bagian setir. (ANTARA/Pistonheads.com)
Ruang mesin supercar Lexus LFA milik Rowan Atkinson (ANTARA/Pistonheads.com)

Mesin ini menggunakan transmisi paddle-shift otomatis-manual enam percepatan untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang, yang merupakan paduan tempa BBS 20 inci yang dilengkapi dengan rem komposit keramik.

Sasis LFA terbuat dari carbon-fibre reinforced plastic (CFRP), bahan yang menawarkan kekuatan dan bobot rendah yang digunakan dalam industri Formula One dan kedirgantaraan, dengan subframe depan dan belakang berbahan aluminium untuk memasang suspensi dan komponen lainnya.

Baca juga: Lexus LFA tinggal 40 unit saja

Bodi luarnya memiliki sayap belakang yang dapat terangkat secara otomatis di atas kecepatan 80 km/jam.

Interiornya menampilkan skema warna biru dan merah yang cerah, dengan kursi berpemanas, audio premium Mark Levinson serta tiga mode berkendara dan kemampuan untuk mengubah kecepatan pergantian gigi.

Kendaraan yang dimiliki Atkinson ini memiliki pembacaan odometer hanya 4.000 mil, atau baru digunakan sebanyak 6.437 km.

Baca juga: Lexus LF-LC dapat "lampu hijau"

Baca juga: Selamat tinggal Lexus LFA

Ruang kemudi supercar Lexus LFA milik Rowan Atkinson (ANTARA/Pistonheads.com)
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024