Tokyo (ANTARA) - Lexus mengenalkan dua kendaraan konsep berbasis listrik (Battery Electric Vehicle/BEV) pada Japan Mobility Show 2023 di Tokyo, Jepang, yakni LF-ZC dan LF-ZL.

Pada salah satu ajang otomotif terbesar Asia yang digelar 26 Oktober - 5 November 2023 itu, Lexus akhirnya memberikan gambaran menyeluruh tentang masa depan mobil listrik, setelah sebelumnya mengumumkan komitmennya untuk menjadi merek listrik pada tahun 2035.

“Stan Lexus (di Japan Mobility Show 2023) menjadi debut global mobil konsep BEV generasi berikutnya, LF-ZC, yang akan dirilis pada tahun 2026, bersama dengan model konsep andalan BEV, LF-ZL, yang menawarkan gambaran sekilas tentang masa depan Lexus,” ujar Chief Branding Officer, Head of Toyota and Lexus Global Design Simon Humphries di Tokyo, Rabu (25/10).

Baca juga: Toyota luncurkan mobil listrik Lexus berjangkauan 1.000 km pada 2026

“LF-ZC berdiri sebagai simbol perjalanan elektrifikasi Lexus,” kata Humphries menambahkan.

Kedua model konsep tersebut didasarkan pada platform generasi mendatang yang sama, dan Lexus menjanjikan efisiensi serta aerodinamika yang luar biasa.

LF-ZC memiliki garis atap rendah yang bertransisi dengan mulus dari kap mesin ke bagian belakang. Sementara kaca depan dibuat memanjang hingga melewati kepala penumpang depan, hal ini berpengaruh pada bidang pandang yang luas.

Selain itu, LF-ZC atau "Lexus Future Zero-emission Catalyst", diklaim mampu mencapai dua kali lipat jarak tempuh EV konvensional berkat baterai prismatik generasi berikutnya yang lebih ringan dan lebih padat energi.

“Kami minimalisasi komponen di seluruh bagian, termasuk baterai yang lebih kecil, lebih efisien dengan daya yang lebih besar dan jangkauan yang lebih jauh,” Humphries menambahkan.

Sementara LF-ZL (Lexus Future Zero-emission Luxury), merupakan sebuah konsep visi BEV yang menawarkan gambaran sekilas tentang masa depan di mana mobilitas, manusia, dan masyarakat terhubung secara mulus, Lexus menjelaskan.

Baca juga: Mejeng di JMS 2023, Toyota Rangga dapat dikustomisasi jadi “apapun"

Baca juga: Toyota lakukan studi untuk bangun pabrik baterai EV di Indonesia

Baca juga: Honda hadirkan kembali Prelude sebagai mobil sport konsep di JMS 2023

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023