Jakarta (ANTARA) - Dalam waktu dekat, mobil sport konsep Toyota FT-Se dikonfirmasi akan diboyong ke sirkuit balap Jerman, Nurburgring untuk uji coba, dan kelak akan menjadi pesaing Porsche Cayman EV.

Dilaporkan Carscoops, Minggu (5/11), Kepala Insinyur mobil tersebut Fumihiko Hazama mengatakan bahwa Toyota berencana untuk "membawa purwarupa ke Nurburgring dalam waktu dekat," meskipun angka tenaganya belum diumumkan.

Diluncurkan di Japan Mobility Show 2023 akhir Oktober lalu, mobil konsep Toyota FT-Se memiliki bentuk khas mobil sport bermesin tengah, namun, menggunakan powertrain listrik.

Toyota tampak cukup serius dengan proyek ini, terlihat dari interiornya yang sudah jadi saat dipamerkan pertama kali, sebuah upaya yang tidak dilakukan oleh banyak konsep lainnya. Bahkan, tampaknya mobil konsep itu akan mendapatkan powertrain penuh.

Toyota FT-Se dipamerkan di Japan Mobility Show 2023, di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (ANTARA/Pamela Sakina)

Hazama menolak untuk memberi tahu berapa putaran yang akan dilakukan di sirkuit, tetapi, dia mengatakan bahwa "Porsche Cayman generasi berikutnya akan menjadi kendaraan listrik, jadi mungkin itu akan menjadi salah satu target kami."

Mengimbangi upaya terbaik Porsche bukanlah hal yang mudah, dan Hazama mengatakan bahwa menjaga baterai tetap dingin akan menjadi tantangan besar. Itu alasan intake udara berukuran besar tersemat di bagian depan mobil.

Baterai di bawah mobil akan menawarkan kualitas aerodinamis yang baik, yang akan membantu mobil melakukan performa maksimal di lintasan.

Tenaga yang digunakan adalah baterai yang sama dengan yang digunakan pada Lexus LF-ZC. Anak perusahaan Toyota itu telah mengkonfirmasi bahwa sedan empat pintu ini akan mulai diproduksi, dan akan menampilkan sel "prismatik" yang membantu mengurangi bobot dan akan menawarkan jarak tempuh dua kali lebih jauh dari baterai tradisional.

Interior Toyota FT-Se dipamerkan di Japan Mobility Show 2023, di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (ANTARA/Pamela Sakina)
Toyota FT-Se dipamerkan di Japan Mobility Show 2023, di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (ANTARA/Pamela Sakina)

Lexus LF-ZC akan memasuki pasar pada tahun 2026, dan FT-Se akan menyusul setelahnya, menurut perancang di balik konsep tersebut Hideaki Iida.

Dia tidak dapat memastikan kapan tepatnya versi produksi akan meluncur, tetapi, berjanji akan hadir sesegera mungkin. Ia juga menggemakan prediksi Hazama bahwa model tersebut akan bersaing dengan mobil sport listrik Porsche.

Baca juga: Toyota pamerkan mobil sport EV pertama dari lini GR di JMS 2023

Baca juga: Mobil konsep Toyota di JMS, dari model sport hingga untuk luar angkasa

Baca juga: Porsche 718 Cayman GT4 RS dan Cayenne Turbo GT akan hadir di India

Baca juga: Honda hadirkan kembali Prelude sebagai mobil sport konsep di JMS 2023

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023