Nagoya (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor (TAM) akan memboyong mobil sedan sport, FT-86 ke Indonesia pada April 2012.

"Kami telah menjajaki pasar sedan sport tersebut, dan kemungkinan sekitar April akan diluncurkan di Indonesia," kata GM Perencanaan Pemasaran TAM Widyawati Soedigdo, di sela-sela kunjungan ke Toyota Kuragaike Commerative Hall, di Nagoya, Jepang, Kamis.

Ia mengakui pasar sedan sport tidak terlalu besar di Indonesia. Menurut dia, pasar sedan sport kurang dari satu persen dari total pasar sedan di dalam negeri.

"Pasar sedan sport kecil. Bayangkan saja hanya nol koma sekian persen dari pasar sedan nasional yang mencapai lima persen dari total penjualan mobil di Indonesia," katanya.

Meskipun kecil, lanjut Widyawati, Toyota ingin melengkapi lini produk yang dijualnya di Indonesia. Selain itu, kata dia, FT-86 merupakan mobil bersejarah, karena merupakan momentum kembalinya Toyota membuat mobil sport.

"Pasar sedan sport tersebut biasanya hanya diminati oleh orang kaya yang senang mengendarai mobil, tanpa jasa supir," ujarnya. Ia memperkirakan harga FT-86 mencapai sekitar Rp500-an juta per unit.

FT-86 merupakan sedan sport hasil kerja sama Toyota dengan Fuji Heay Industries. Mobil tersebut menggunakan mesin boxer 4 DOHC, dengan silinder 1.998 cc, menggunakan bahan bakar bensin dengan kapasitas tangki mencapai 50 liter.

Toyota mengklaim konsumsi bahan bakar mobil sport berpenumpang empat orang tersebut mencapai 12,4 -13 km per liter, dengan tenaga mencapai 200 PS pada 7.000 rpm dan torsi 205nm (151lb/ft)  pada rpm 6.600.

FT-86  menjadi perhatian wartawan dari mancanegara di ajang Tokyo Motor Show yang dibuka untuk pers kemarin (30/11). Hari ini, pameran mobil internasional di Jepang itu mulai dibuka untuk umum.
(R016)
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011