Jakarta (ANTARA) - Lexus Indonesia menyambut baik rencana kendaraan-kendaraan tertentu yang dapat beroperasi di Ibu Kota Negara (IKN), seperti kendaraan yang benar-benar ramah lingkungan.

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma kepada ANTARA beberapa waktu lalu di Jakarta, mengatakan mereka akan senantiasa mendukung program pemerintah Indonesia dan siap untuk menghadirkan berbagai kendaraan elektrifikasi yang dimilikinya jika memang ada kebutuhan.

“Kita pasti dukung, tapi, untuk kebutuhan itu, kembali kepada pemerintah. Kalau memang ada permintaan dari pemerintah kita pastinya akan selalu dukung,” kata Bansar.

Bansar melanjutkan bahwa memang sudah ada pendataan untuk kendaraan listrik jenis premium. Meski begitu, pihak Lexus belum menerima informasi lebih lanjut perihal rencana tersebut.

Menurut dia, pendataan itu hanya semata untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut layak atau tidak untuk beroperasi di lalu lintas IKN yang berlokasi di Kalimantan Timur.

Baca juga: OIKN sebut hanya kendaraan ramah lingkungan digunakan di IKN

“Belum lama ini memang sudah ada pengecekan mobil listrik, termasuk juga kendaraan premium. Lexus juga sudah di cek, ,kendaraan elektrik kita juga sudah di pakai pada saat KTT ASEAN beberapa waktu yang lalu ya. Tapi balik lagi ke pemerintah, ya, kan mereka juga punya aturan-aturan, ya,” kata Bansar menjelaskan.

Meski sudah ada pengecekan atau pendataan, Lexus Indonesia belum bisa memberikan informasi mengenai kendaraan yang akan digunakan di IKN. Bansarjuga menyatakan bahwa belum ada perjanjian khusus untuk hal tersebut.

“Namun, untuk kesepakatan kerjasama untuk menghadirkan kendaraan listrik belum dilaksanakan, dan itu masih terlalu dini,” kata Bansar.

Lexus saat ini sudah menghadirkan mainan untuk para sultan yang ingin berpindah ke kendaraan listrik melalui kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) The All New Lexus RZ yang di banderol dengan harga Rp2 miliar lebih.

Mobil listrik premium itu sudah dibekali dengan berbagai teknologi canggih di dalamnya seperti teknologi Direct4 yang membuat pengendara merasa nyaman dan aman berkat aspek 3 C (Control, Confident, serta Convenient) yang dijanjikan.

Mobil listrik dari Lexus sudah menggunakan platform baru (e-TNGA) yang juga didedikasikan untuk model BEV terbaru dari Lexus. Dengan menggunakan platform e-TNGA tersebut, kendaraan tersebut bisa mengoptimasi penempatan dua motor listrik dan baterai sehingga distribusi bobot lebih baik untuk menunjang performa dan kedinamisan berkendara.

Baca juga: Jalan di IKN Nusantara bisa isi ulang daya kendaraan listrik

Baca juga: Pemerintah bebaskan PPN kendaraan listrik domestik terdaftar di IKN

Baca juga: Toyota sambut konsep kendaraan ramah lingkungan di IKN

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023