Jakarta (ANTARA) - Mitsubishi Triton 2024 yang baru saja diluncurkan siap untuk memperkenalkan rem cakram belakang, tetapi peningkatannya perlu menunggu model yang diperbarui dalam beberapa tahun dari sekarang.

Laman Drive pada Senin (31/7) wakti setempat menyebutkan bahwa meskipun bodi Triton dikatakan lebih berat lima hingga sepuluh persen dari sebelumnya, rangka baru dan mesin yang lebih bertenaga, Mitsubishi Triton belum membuat lompatan ke rem cakram belakang, dan mempertahankan rem tromol jadul di bagian belakang.

Sebagian besar versi Ford Ranger baru dan Volkswagen Amarok, semua pick-up GWM Ute dan LDV T60 dari China, hingga SsangYong Mussos dari Korea Selatan sekarang menawarkan cakram belakang.

Baca juga: SUV baru Mitsubishi XFC tertangkap kamera uji jalan di Indonesia

Tetapi Toyota HiLux, Nissan Navara, Isuzu D-Max dan Mazda BT -50 mempertahankan rem tromol belakang pada hampir semua model karena lebih murah dan masih cukup efektif.

Kepala spesialis produk untuk Mitsubishi Triton baru, Yoshiki Masuda, mengatakan kepada media Australia bahwa upgrade ke rem cakram belakang direncanakan untuk ute baru Mitsubishi bersama dengan fitur keselamatan yang lebih canggih.

“Saat ini bagian belakang adalah tromol, tetapi agar kompatibel dengan ADAS [keselamatan lanjutan] dan [fitur] parkir otomatis, kami ingin memiliki rem [cakram] belakang, dan juga untuk performa,” katanya.

"Mungkin kadang-kadang [di masa depan] peningkatan, perubahan model kecil, kami ingin mempertimbangkan disk,” tambahnya.

Perubahan kecil yang juga dikenal sebagai facelift atau 'pembaruan paruh waktu' adalah upaya industri untuk pembaruan besar untuk generasi kendaraan saat ini kira-kira di tengah siklus hidup yang direncanakan.

Berdasarkan siklus hidup Mitsubishi Triton selama sembilan tahun, peningkatan ke rem cakram belakang mungkin tidak akan tiba hingga tahun 2027 atau 2028.

Ketika diminta untuk mengklarifikasi apakah rem cakram belakang ada dalam rencana untuk pembaruan model mendatang, Masuda-san berkata "pasti".

Eksekutif mengatakan peningkatan model ini juga dapat melihat pengenalan kluster instrumen digital layar lebar 12,3 inci – untuk menyamai Ford Ranger dan VW Amarok, menggantikan layar 7,0 inci saat ini dan dua dial analog.

Baca juga: PT MMKSI pastikan nama XFC Concept bukan Destinator

Baca juga: Menjajal semua hal tentang otomotif di Mitsubishi Motors KidZania

Baca juga: Mitsubishi siap luncurkan "The New SUV" pada ajang GIIAS nanti

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023