Jakarta (ANTARA) - Perhelatan Sumatera Bike Week (SWB) 2022 yang digelar organisasi motor Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) diharapkan bisa turut mendorong pemulihan pariwisata dan ekonomi Tanah Air.

"Kami ingin jadi pelopor kebangkitan pariwisata," kata Wakil Ketua Umum HDCI Jeffrey Eugene dalam konferensi pers di Senayan, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 3000 pemotor ditargetkan mengikuti acara ini. Para peserta akan memulai touring dari daerah masing-masing menuju kota Bukittinggi yang jadi tuan rumah pelaksanaan. SBW 2022 dimulai pada 30 Juni hingga 3 Juli 2022 di Lapangan Kantin Bukittinggi.

Baca juga: Harley-Davidson stop produksi sepeda motor dan pengiriman dua minggu

Sebanyak 60 booth disediakan secara cuma-cuma untuk UMKM setempat agar bisa mempromosikan produk-produk mereka.

"Kami harap ini bisa memberikan dampak positif terhadap UMKM lokal atau Sumatra Barat sehingga dapat membuat ekonomi di Sumatra Barat menggeliat," ujar dia.

Acara ini pun diramaikan dengan pertunjukan musik, tari, kompetisi foto, festival makanan dan juga bakti sosial. HDCI menargetkan jumlah pengunjung acara ini bisa mencapai angka 20.000 orang.

Sekjen HDCI Husdi Karyono menambahkan, acara ini juga diharapkan bisa menyatukan komunitas dalam menghadapi tantangan terkait stigma arogan yang melekat pada pengemudi motor gede. Peserta touring diajak untuk menjalankan aktivitas dengan mematuhi semua aturan lalu lintas.

Selain berkendara, Husdi menambahkan organisasi tersebut tak pernah lepas dari kata "charity" karena ingin membantu pemerintah dalam membangkitkan perekonomian nasional.

Ketua Pengurus Daerah Kalimantan Barat HDCI, Mahendra Jaya, menambahkan, acara ini seharusnya diadakan pada awal 2020 namun ditunda akibat pandemi COVID-19. Panorama indah yang ditawarkan di Sumatra Barat serta destinasi-destinasi wisata memukau di daerah tersebut menjadi daya tarik dari acara tahun ini, tutup Mahendra.

Baca juga: Harley-Davidson akan lanjutkan produksi sepeda motor

Baca juga: HDCI berikan santunan kepada 300 anak yatim

Baca juga: Harley Davidson hentikan pengiriman motor ke Rusia
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022