Jakarta (ANTARA News) - Indonesia menjadi pasar kedua terbesar di Asia Tenggara setelah Singapura bagi kendaraan mewah asal Jepang, Lexus.

"Malaysia dan Brunei menjadi negara yang lebih dulu dikenalkan SUV (sport utility vehicle) All New RX270, namun penjualan di Indonesia lebih besar," GM Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja, usai peluncuran All New RX270, di Jakarta Selasa malam.

Hal itu, kata dia, menggambarkan potensi pasar Lexus cukup besar di Indonesia, dibandingkan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Indonesia, lanjut dia, saat ini merupakan pasar kedua terbesar di Asia Tenggara bagi Lexus, setelah Singapura.

Lexus merupakan merek kendaraan mewah yang diproduksi Toyota Motor Corp (TMC) dan mulai dipasarkan di Indonesia sejak November 2007.

Menurut Adrian, sejak November 2007 sampai sekarang, penjualan Lexus telah menembus angka 1.000 unit untuk seluruh varian mulai dari sedan termewahnya LS 460, LS 600 hL (hibrid), serta varian lain seperti GS 300, IS 300, RX 350 dan LX 570.

"Sekitar 40 persen penjualan terdiri dari seri LX 570 dan LS hanya sekitar lima persen, sisanya varian lain, termasuk seri RX," ujarnya.

All New RX 270 yang diluncurkan secara resmi malam ini, kata dia, sudah mengalami masa tunggu pengiriman (inden) sebanyak 120 unit. Mobil seharga Rp930 juta per unit itu, lanjut Adrian baru bisa diterima akhir bulan ini sampai November.

Model tersebut merupakan SUV mewah untuk perkotaan yang mengusung mesin 2.700cc dan memiliki tenaga hingga 185 HP. Kabinnya pun dibuat nyaman dengan sejumlah fitur canggih seperti sistem navigasi, cruise control, serta sarana hiburan dengan 12 speaker.

"Semua Lexus yang kami pasarkan diimpor langsung dari Jepang," ujar Adrian. Ia mengatakan sebagian besar pembeli Lexus di Indonesia merupakan pengusaha. "Ada juga selebritas, namun selebritas yang juga berprofesi sebagai pengusaha," katanya.
(R016)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011