Harley Davidson dirikan pusat riset sepeda motor listrik

Kamis, 13 September 2018 06:34 WIB
Harley Davidson dirikan pusat riset sepeda motor listrik
Logo Harley Davidson. (ANTARA News/Alviansyah P)
New Delhi (ANTARA News) - Pabrikan motor besar Amerika Serikat (AS), Harley Davidson, menunjukkan keseriusannya dalam merancang versi produksi sepeda motor listrik dengan membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) di California.

Fasilitas riset yang berbasis di Silicon Valley itu akan mengembangkan model sepeda motor listrik dan teknologi baterai, sekaligus merancang desain sepeda motor yang sesuai dengan minat pasar di masa depan.

Presiden dan CEO Harley Davidson, Matt Levatich, mengatakan perusahaan itu mempercepat rencana memproduksi generasi penerus Harley-Davidson secara global, yaitu versi berpenggerak listrik.

"Fasilitas R&D baru di Silicon Valley akan membantu kami mewujudkan rencana tersebut dan menunjukkan komitmen untuk memimpin elektrifikasi," kata Matt Levatich yang dilansir Economic Times, Rabu (12/9).

Baca juga: Motor listrik Gesits meluncur November 2018

Fasilitas yang digadang-gadang beroperasi akhir 2018 atau awal 2019 itu, ditujukan untuk memperluas portofolio produk kendaraan listrik melalui produk yang lebih ringan dan lebih kecil, kemudian akan masuk ke pasar pada 2022.

Perusahaan juga tengah mencari para insinyur listrik, mekanik dan ahli perangkat lunak untuk bekerja di pusat riset itu.

Sebelumnya, Harley Davidson mengumumkan strategi ekspansi global yang meliputi peluncuran sepeda motor ukuran menengah di pasar-pasar negara berkembang, ekspansi ritel dan perluasan model sepeda motor listrik melalui model Livewire pada 2019.

Livewire akan disusul model listrik tambahan hingga 2022 guna menanggapi permintaan pasar untuk kendaraan listrik. Dalam periode pengembangan itu, perusahaan juga memamerkan beberapa konsep sepeda motor listrik secara berkala.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2018

PT Astra Otoparts Tbk membukukan pendapatan bersih konsolidasi sebesar Rp7,42 triliun sepanjang semester pertama 2018, meningkat 14,6 persen dibandingkan ...
  Aston Martin mengonfirmasi langkah selanjutnya dalam pasar kendaraan hypercar dengan mengumumkan rincian Project "003" sebagai penerus model ...
Mobil adalah kendaran yang digandrungi pada saat ini, karena kenyamanan dan keunggulannya dibandingkan sepeda motor, sehingga banyak pengguna mobil rela ...
Badan Kejahatan Asuransi Nasional Amerika Serikat merilis laporan tahunan berupa daftar 10 kendaraan yang paling banyak dicuri di negara itu. Temuan-temuan ...
Pembuat mobil sport, Porsche, mengumumkan pada Minggu bahwa akan menjadi raksasa otomotif Jerman pertama yang meninggalkan penggunaan mesin diesel. Langkah ...