Nagoya (ANTARA News) - Lexus, brand mobil mewah Toyota Motor, menunjukkan kinerja penjualan global yang baik pada tahun 2016 dengan naik empat persen atau mencetak rekor penjualan selama empat tahun berturut-turut.

Produsen mobil Jepang mengatakan pada Kamis (2/2) waktu setempat, penjualan global Lexus naik lebih dari 4 persen atau mencapai 677.000 unit kendaraan.

Kenaikan penjualan itu didorong model-model SUV (sport utility vehicle) terbaru dan penjualan yang kuat di China dan Eropa.

Secara regional, penjualan Lexus meningkat paling banyak di China termasuk Hong Kong yang mencapai 25 persen menjadi 110.000 kendaraan, atau melewati catatan bersejarah 100.000 unit penjualan untuk pertama kalinya.

Orang-orang menyukai Lexus RX terbaru dan SUV mewah Lexus NX yang diperkenalkan pada paruh kedua 2015. Adapun ES mid-sedan juga memiliki pertumbuhan yang baik.

Lexus RX dan NX juga membantu membawa rekor penjualan di Eropa dan Jepang pada tahun 2016.

Penjualan Lexus di Eropa membesar 17 persen menjadi 74.000 unit, dan penjualan di Jepang naik 8 persen ke level 52.000 unit kendaraan.

(Baca: Sepanjang 2016, Lexus sudah jual 1.000 unit di Indonesia)

Di sisi lain, penjualan Lexus di pasar utama Amerika Utara merosot 4 persen di tengah persaingan yang ketat.

Harga bahan bakar yang lebih rendah memang mendorong pergeseran konsumen memilih mobil yang lebih besar sehingga membantu penjualan RX dan NX. Namun penjualan ES dan model mobil penumpang lainnya terhenti dan penjualan di wilayah ini menurun secara keseluruhan. Demikian Nikkei.

(Baca juga: Lexus luncurkan varian baru RX 200t F SPORT)
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2017