Jakarta (ANTARA News) - Toyota Sienta, lini baru andalan Toyota Astra Motor dari segmen mobil 7 penumpang yang akan diproduksi di Karawang, Jawa Barat, akan menggunakan 80 persen komponen lokal.

"Untuk Sienta lokal kontennya sampai 80 persen," kata Henry Tanoto Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, JIExpo Kemayoran, Kamis (7/4).

Selain menggunakan mayoritas komponen lokal, Toyota Sienta untuk pertama kalinya akan diproduksi di luar Jepang yaitu di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia Plant 3 Karawang, Indonesia.

Sementara itu Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan kendati memiliki komponen lokal yang tinggi, Sienta tidak akan diproduksi secara khusus.

"No special plant untuk Sienta, kami multi vehicle production," tutur Warih saat ditemui di IIMS.

"Jadi, kami multi vehicle production, kami tidak ada spesial plant untuk satu model. Kami mencoba mengakomodir model Sienta ini tentunya dengan unik equipment dan spesial equipment supaya fleksibilitas manufaktur kami semakin lebih baik," tambah Warih.

Warih pun belum bisa mengemukakan jumlah Sienta yang akan diproduksi karena harus menunggu angka pesanan dari pihak Toyota Astra Motor.

"Produksi mulai Juli. Sekarang TAM sedang mengumpulkan data, mungkin sekitar akhir April kami bisa perkirakan produksinya seperti apa," jelas Warih.

Toyota Sienta diluncurkan di ajang IIMS 2016 sebagai mobil keluarga 7 penumpang dengan tampilan modern dan menggunakan pintu geser.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016