Jakarta (ANTARA) - Pandemi wabah COVID-19 yang masih merebak di Indonesia, membuat Komunitas Toyota Sienta Community Indonesia ( TOSCA) bergerak untuk melawan penyebaran COVID-19 dengan melakukan kegiatan sosial bertajuk #KebaikanTanpaModal dengan penyemprotan cairan disinfektan dalam angkutan umum.

Kegiatan yang mengambil lokasi di Otto ban Jatiwaringin ini, terlebih dahulu para peserta melakukan swab test antigen sebelum melakukan kegiatan. Setelah para peserta dipastikan negatif kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menekan penyebaran COVID-19, yang terjadi dalam angkutan umum. Dengan penyemprotan ini agar masyarakat atau pengguna angkutan umum merasa aman apa lagi adanya peningkatan kembali pasien COVID-19 pasca libur Idul Fitri," ungkap Ketua Umum TOSCA, Nandang Sugianto dalam keterangan resminya dikutip Sabtu.

Masa liburan diduga menjadi ajang bertumbuhnya penyebaran COVID-19 di Indonesia, karena pasca libur lebaran kemarin tercatat adanya peningkatan sebanyak 53,4 persen.

Kegiatan penyemprotan yang dilakukan oleh TOSCA ini sangat dibatasi, yakni hanya 10 kendaraan member TOSCA dan 20 Angkutan Umum yang dilakukan penyemprotan disinfektan serta akan segera dilakukan kembali didaerah Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Juli nanti.

Para member TOSCA melakukan penyemprotan disinfektan kepada angkutan umum menggunakan disinfektan cabin produk baru dari TMO serta membagikan makan siang dan masker kepada pengemudi angkutan umum secara bertahap agar tidak menimbulkan kerumunan dan tetap melakukan protokol kesehatan setelah sebelumnya para member pun melakukan penyemprotan di kendaraan masing masing.

Menurut Dewan Pembina TOSCA, Didy Soenaryadi mengatakan bahwa kami menganggap angkutan umum juga memiliki tingkat potensi yang cukup besar, karena banyaknya aktifitas dan juga jumlah penumpang dalam satu kendaraan.

"Selain penyemprotan disinfektan, kami juga membagikan masker dan, serta mengimbau agar sopir dan penumpang agar lebih peduli untuk memakai masker dan jaga jarak dalam angkutan umum," tutup dia.

Baca juga: Toyota rilis Sienta Welcab dengan kursi penumpang otomatis

Baca juga: Habiskan stok, Toyota gelontorkan diskon besar untuk empat mobil ini

Baca juga: Komunitas Sienta-Auto 2000 gelar donor darah hingga "fogging" angkot

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021