Jakarta (ANTARA) - Ian Stuart Callum seorang yang berprofesi sebagai desainer berbagai kendaraan mewah ternama, resmi membuka buku pesanan untuk kendaraan listrik multi-medan eksklusif, yakni Skye yang akan meluncur di Concours on Savile Row dalam waktu dekat.

CarsCoops pada Selasa mengabarkan bahwa kendaraan ini merupakan gagasan terbaru dari Callum yang telah banyak membantu merancang Aston Martin Vanquish, Jaguar termasuk XF asli dan C-X75. 

Belum lama ini, Callum telah mengungkap ruang dalam dari kendaraan tersebut. Kendaraan listrik dengan berbagai teknologi canggih ini sudah dilengkapi dengan roda kemudi berdesain palang tiga. Yang terakhir menampilkan tiga tombol putar serta pemindah gigi yang tampak berputar.

Baca juga: Mercedes disebut hentikan pengembangan platform baru untuk EV mewah

Berlanjut ke area lain, kendaraan listrik ini sudah dibekali dengan sistem infotainment kecil yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay. Model tersebut juga tampaknya memiliki cluster instrumen digital yang sangat modern.

Selain itu, Skye disebutkan oleh Callum akan dilengkapi dengan tempat duduk yang sporty untuk bagian depan dan bangku belakang yang “cocok untuk anak-anak”. Hal ini tidak terlalu mengejutkan karena model ini memiliki dimensi yang cukup, yakni panjang 159,3 inci (4.047 mm), yang membuatnya sedikit lebih pendek dibandingkan Hyundai Venue.

Baca juga: Aston Martin kembangkan platform EV penggerak roda depan 800 volt

Meskipun modelnya berukuran kecil, bangku belakang dapat dilepas untuk menciptakan kompartemen kargo yang luas untuk memuat berbagai barang keperluan ketika bepergian bersama dengan keluarga.

Dari segi performa, Skye memiliki penggerak semua roda dan baterai 42 kWh yang mampu memberikan jangkauan sekitar 170 mil (274 km). Perusahaan juga mengatakan mobil listrik berbobot 2.535 lb (1.150 kg) ini akan mampu berakselerasi dari 0-60 mph (0-96 km/jam) dalam waktu kurang dari empat detik.

Baca juga: Dasbor canggih mobil mewah membuat pengemudi kesal

Meskipun sejumlah spesifikasi masih belum dikonfirmasi, Callum memperkirakan model tersebut akan menjadi salah satu kendaraan listrik dengan pengisian daya tercepat di pasar.

Secara khusus, perusahaan mengatakan akan ada “baterai pengisian ultra cepat” opsional yang dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu kurang dari sepuluh menit.

Baca juga: Lucid naikan harga mobil listriknya dan berupaya perbaiki produksi

Baca juga: Lyriq mobil listrik pertama Cadillac, bukan sedan tapi crossover mewah

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024