Jakarta (ANTARA) - Yamaha Indonesia baru saja melahirkan generasi terbaru dari keluarga maxi mereka, yakni NMax Turbo. Motor bertubuh besar ini hadir untuk memberikan kegembiraan bagi penggunanya yang suka dengan akselerasi dan juga deselerasi.

Berbicara akselerasi, rasanya hampir semua kendaraan matic menggunakan hal tersebut untuk strategi pemasaran di setiap kendaraannya, sedangkan untuk deselerasi, rasa-rasanya hampir tidak ada yang memiliki teknologi untuk hal itu.

Mengambil kesempatan yang baik, Yamaha Indonesia menghadirkan motor matic yang bisa melakukan deselerasi atau bahasa umumnya adalah engin break yang kebanyakan hanya bisa dilakukan oleh kendaraan nonmatic.

Untuk merasakan hal tersebut, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memberikan kesempatan kepada ANTARA mencoba berbagai keunggulan yang dihasilkan dari kendaraan tersebut dari Jakarta menuju Yogyakarta pada akhir bulan lalu.

Kendaraan ini hadir dengan sematan teknologi baru yang membuat pengendaranya merasa tidak terbebani saat bermanuver di lintasan lurus maupun tikungan sekalipun.

Baca juga: Yamaha luncurkan NMAX baru berteknologi Turbo

Baca juga: Yamaha kenalkan TMAX 560 versi Jepang


Hal tersebut dirasakan ketika melewati berbagai jalan yang dilalui dari Jakarta menuju Yogyakarta. ANTARA memulai perjalanan dengan Yamaha Nmax Turbo dari Indramayu menuju Cirebon.

Sepanjang jalan yang didominasi dengan jalur lurus, motor bongsor itu memberikan kesan yang begitu agresif, saat pertama kalinya ditunggangi. Meskipun begitu, berbagai tombol yang banyak sempat menyulitkan pengendara beradaptasi untuk bisa memanfaatkan teknologi yang dikemudikan di tombol YShift.

Matic bongsor ini hadir dengan Mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru yang disempurnakan dan juga sudah ditambah dengan teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang mampu memberikan berkendara dengan sensasi "TURBO".

Dengan hadirnya fitur dan juga teknologi terbaru yang disematkan di Nmax Turbo, kendaraan ini memiliki peningkatan torsi sebesar 0,3 Nm dibandingkan pendahulunya yang hanya 13,9 Nm.

Saat ini, dengan bekal mesin yang dibawanya, Nmax Turbo diyakini dapat memuntahkan tenaga hingga 11,3 kW di 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

Fitur terbaru, yakni YShift, terdapat dua mode berkendara yang dapat dipilih, seperti T Mode atau Town Commuting. Mode ini berguna untuk berkendara di area perkotaan dan S Mode atau Sport Touring yang cocok digunakan pada saat berkendara yang membutuhkan akselerasi lebih, seperti saat perjalanan keluar kota.

Meskipun begitu, sepanjang perjalanan dari Indramayu menuju Cirebon, pengendara tetap konsisten menggunakan mode S. Pengendara merasakan tenaga yang dihasilkan masih terasa cukup untuk menyalip kendaraan yang ada di depan, baik mobil penumpang maupun truk muatan besar.

Hal tersebut berkat bantuan level yang tersedia yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil momentum saat menyalip kendaraan yang ada di depan. Terdapat tiga tingkatan dalam hal ini, yakni 1 untuk low, 2 untuk medium dan 3 untuk high.

Tombol Y Shift yang ada pada Nmax Turbo. (ANTARA/Chairul Rohman)


Tim Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Muhammad Arief menjelaskan bahwa untuk mengubah mode tersebut, para pengendara bisa melakukannya di depan setir, sebelah kiri.

“Dengan adanya teknologi terbaru ini, pengendara akan dapat merasakan tenaga bantuan dari setiap mode dan level yang dipilih dan itu juga sesuai dengan kebutuhan, misal kalau level dua sudah cukup tidak perlu lagi hingga capai level 3. Sehingga memberikan rasa “Turbo”,” kata Muhammad Arief.

Setelah puas dengan mode S yang dirasakan hingga Cirebon, jawa Barat, keesokan harinya rombongan langsung bergegas menuju Dieng, Wonosobo. Jalur itu sangat menantang bagi para pemotor.

Baca juga: Cara bedakan pelumas asli dan palsu agar tak salah pilih jelang mudik

Pemandangan indah yang ditawarkan oleh wilayah tersebut memberikan sensasi berkendara yang sangat menantang. Banyaknya tanjakan, turunan dan juga jalan yang tidak rata membuat para pengendara harus lebih konsentrasi dalam menyeimbangkan kendaraan.

Dari mulai wilayah ini, mode diatur ulang menjadi ke mode T. Hal itu untuk bisa mengatasi berbagai situasi maupun kondisi jalan yang sulit untuk ditebak. Dengan beralih ke mode tersebut, pengendara merasakan tidak adanya kesulitan untuk menaklukkan jalan tersebut.

Lagi-lagi, fitur terbaru dari Nmax itu hadir sebagai penolong saat menaklukkan berbagai kondisi jalan yang ada. Pengendara memanfaatkan mode tersebut untuk dua kondisi.

Kondisi pertama untuk jalan menanjak dengan level tiga sekaligus. Hal tersebut memang disarankan untuk bisa menaklukkan berbagai medan yang terbilang ekstrem.

Kegembiraan muncul ketika rombongan dapat merasakan sensasi deselerasi pada kendaraan matic. Hal tersebut bertujuan untuk menaklukkan tikungan yang tajam, agar tidak keluar jalur dan meminimalisir penggunaan rem.

“Untuk deselerasi atau bahasa umumnya itu engine break, pengendara hanya cukup tutup gas, baru tekan tombol Y Shift, sesuai dengan level yang dirasa dibutuhkan. Kalau tikungan tajam, alangkah baiknya itu tiga kali berturut-turut, agar lebih aman,” ujar dia.

Dengan adanya bantuan teknologi tersebut, pengendara tidak merasakan kesusahan dalam mengimbangi rombongan saat menaklukkan berbagai tikungan dan tanjakan yang tajam.

Pengendara Nmax Turbo pada saat uji coba dari Jakarta menuju Yogyakarta. (ANTARA/HO Yamaha Indonesia)


Selain itu, bantuan stabilisasi pada motor matic ini juga terjamin. Pada varian tertingginya, yakni Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate, para pengendara akan semakin percaya diri ketika menghadapi berbagai tikungan tajam melalui benaman aksesoris Performance Damper.

Aksesori yang sebelumnya hadir di kendaraan Xmax 250 itu, hadir untuk mendukung performa handling yang semakin stabil selama perjalanan dan saat cornering, ketika melintasi banyak tikungan.

Baca juga: Blibli jual 1.000 unit Yamaha NMAX Turbo hanya dalam 40 menit

Baca juga: Ini spesifikasi NMAX Turbo yang dibanderol mulai Rp32 jutaan


Desain

​​​Yamaha Indonesia tidak hanya memberikan perubahan pada sektor mesin yang membuat para penggunanya merasa gembira saat mengendarainya. Sektor desain juga ada perubahan yang terlihat lebih elegan.

Pada sektor penerangan, kendaraan ini sudah dibekali dengan lampu LED proyektor, sehingga menambah kepercayaan diri para pengendara saat berkendara di waktu malam hari.

Pada bagian bokongnya, kendaraan ini juga memiliki perubahan dari model yang sebelumnya. Nmax generasi terbaru ini hadir dengan desain yang lebih pipih untuk menegaskan kesan yang sporty.

Rombongan pengendara NMax Turbo. (ANTARA/Yamaha Indonesia)


Dari segi dimensi, kendaraan ini juga memiliki ukuran yang lebih dari generasi sebelumnya di sisi tingginya. Maxi ini hadir dengan panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.200 mm.

Untuk harga, kendaraan yang hadir dengan tiga pilihan, dibanderol mulai dari Rp37.750.000 untuk Yamaha Nmax Turbo, Rp43.250.000 untuk Yamaha Nmax Turbo Tech Max, dan Rp45.250.000 untuk varian tertingginya Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate.

Yamaha Nmax Turbo dengan harga yang terbilang cukup tinggi ini, masih layak untuk dibeli karena berbagai alasan. Alasan yang paling menonjol adalah, bekal teknologi, mesin dan juga fitur yang ditawarkan untuk kendaraan ini sangat fungsional dalam menaklukkan berbagai situasi.

Posisi riding yang cukup bisa dinikmati, sehingga tidak membuat lelah pengendara, meski menempuh jarak yang cukup jauh, sehingga kenyamanan saat berkendara sangat terasa.

Baca juga: Maxi Yamaha Day 2024 di Prambanan diikuti 1.500 lebih pengendara motor

Baca juga: Yamaha belum terpikiran untuk hadirkan teknologi YECVT di varian lain

Baca juga: Yamaha tidak lagi memproduksi Nmax lama, fokus pada varian Turbo

Pewarta:
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2024