Jakarta (ANTARA) - PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) resmi meluncurkan skutik premium NMAX generasi ke-3 yang mendapatkan sejumlah pembaruan desain, fitur, serta penggunaan mesin baru berteknologi Turbo.

President Director & CEO YIMM, Dyonisius Beti menyampaikan bahwa NMAX Turbo dikembangkan dengan konsep "Evolution: Fun Tech X Prestige X Sporty", skutik yang menawarkan tampilan desain premium, fitur kelas satu, serta kecanggihan teknologi yang tersemat pada motor melalui kehadiran Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT).

"Yamaha berinovasi dengan teknologi dan berani membuat sesuatu yang beda, serta diakui secara global sehingga membawa konsumen berada di level tertinggi. NMAX sendiri juga membangkitkan kebanggaan di setiap pengendaranya," kata Dyonisius.

Ia menjelaskan, keunggulan utama NMAX Turbo ini adalah penggunaan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 Rpm.

Performa mesin baru juga turut dioptimalkan dengan adanya teknologi Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) yang menggantikan sistem CVT konvensional.

Baca juga: Yamaha luncurkan NMAX baru berteknologi Turbo

Baca juga: Yamaha hadirkan lima motor baru dengan harga lebih terjangkau


Penggunaan teknologi ini diklaim mampu memberikan pengalaman berkendara dengan sensasi Turbo melalui fitur Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring), yang dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang kemudi kiri.

Menurut dia, T-Mode cocok digunakan untuk mobilitas harian di dalam kota, karena karakter berkendara yang lebih lembut serta efisien bahan bakar.

Sedangkan S-Mode cocok digunakan saat perjalanan jarak jauh seperti touring karena menawarkan akselerasi berkendara yang lebih responsif.

Berdasarkan hasil pengetesan internal Yamaha dengan menggunakan mode berkendara S, NMAX Turbo mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter dibandingkan dengan NMAX generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter.

Selain Riding Mode, NMAX Turbo juga memiliki fitur lain berupa Y-Shift, di mana pengoperasiannya berupa tombol yang terletak di bawah stang kemudi kiri.

Y-Shift mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya Turbo dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem.

Selain itu, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering).

Selain fitur-fitur terkait mesin, juga disematkan fitur Dual Channel ABS, Traction Control System, Rear Sub Tank Suspension dan juga Ban Tubeless bertapak lebar.

Tidak hanya itu, NMAX Turbo kini memiliki tampilan DNA MAXi Yamaha yang lebih tegas, sporty dan juga mewah, dengan hadirnya sistem pencahayaan lampu depan Full LED yang dilengkapi dual projector untuk meningkatkan visibilitas saat berkendara.

Adapun sistem pencahayaan di bagian belakang pun sama, telah menggunakan teknologi Full LED dengan tampilan desain yang lebih modern dan menarik.

Pada bagian kokpit, area layar Multi-Infotainment Display dirancang dengan sangat detail untuk merefleksikan kesan mewah, informatif serta memudahkan akses tangan pengendara dalam mengoperasikan setiap fitur yang terdapat di stang kemudi.

Posisi berkendara nyaman dan ergonomis baik untuk sendiri maupun berbonceng juga tetap dipertahankan, namun dengan balutan desain jok baru yang lebih elegan dan premium.

NMAX Turbo menggunakan layar Infotainment Display yang informatif untuk mengkontrol pemutaran musik dari ponsel, mendapatkan informasi perkiraan cuaca, fungsi riding mode serta idikator Y-shift dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan pengendara melakukan perjalanan jarak jauh dan mengeksplorasi tempat-tempat baru, motor ini juga disematkan Navigation System dari Garmin Street Cross yang dapat menampilkan peta digital dengan petunjuk arah pada layar Infotainment display.

Selain itu, untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi terkait kondisi sepeda motor dan data berkendara melalui ponsel pintar, NMAX Turbo juga dilengkapi dengan fitur konektivitas Y-Connect.

Selanjutnya, agar baterai smartphone pengendara dapat terus terisi selama perjalanan, Electric Power Outlet Type C juga telah tersedia pada kompartemen bagian kiri motor.

Selain fitur-fitur di atas, motor ini juga memiliki fitur menarik lainnya seperti Smart Key System, Stop & Start System hingga kapasitas bagasi yang besar untuk mengakomodir barang bawaan pengendara.

Lebih lanjut, NMAX generasi teranyar memiliki varian spesial, yakni NMAX Turbo Techmax Ultimate yang mendapatkan tambahan part spesial yang tidak ada pada varian lainnya.

Part spesial tersebut adalah Performance Damper yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas serta handling saat berkendara.

Baca juga: Yamaha All New NMAX 155 punya warna baru

Baca juga: Yamaha E01, skuter listrik "rasa NMax"

Baca juga: Spesifikasi singkat dan sembilan keunggulan "Nmax Listrik" Yamaha E01


 
Yamaha NMAX Turbo yang diluncurkan di Jakarta, Rabu (12/6/2024). (ANTARA/Adimas Raditya)

NMAX Turbo ditawarkan dalam 5 varian, yaitu sebagai berikut :
NMAX “TURBO” TECHMAX ULTIMATE
Magma Black
Rp 45.250.000

NMAX “TURBO” TECHMAX
Magma Black
Rp 43.250.000

NMAX “TURBO”
Magma Black, Elixir Dark Silver
Rp 37.750.000

NMAX NEO S Version
Dull Blue, Red, Black, White
Rp 33.700.000

NMAX NEO
Dull Blue, Red, Black, White
Rp 32.700.000
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024