Jakarta (ANTARA) -
Yamaha yang merupakan produsen motor terkemuka, telah merilis daftar terbaru motor listrik mereka. Langkah ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk memperluas penawaran kendaraan ramah lingkungan di pasar internasional.

Daftar tersebut mencakup berbagai model dengan rentang harga yang bervariasi, ditujukan untuk berbagai segmen konsumen. Informasi ini dibuat bertujuan memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen yang ingin beralih ke kendaraan listrik.

Yamaha tidak hanya menawarkan motor konvensional, tetapi juga telah merilis berbagai model motor listrik yang mendapat sambutan positif di pasar Indonesia. Yamaha sebenarnya telah lama mengembangkan teknologi motor listrik untuk sepeda motor mereka.
 
Namun, kehadiran mereka di pasar motor listrik Indonesia terbilang lambat dibandingkan dengan beberapa produsen lokal seperti Gesits dan lainnya. Dengan demikian, berikut merupakan daftar motor listrik Yamaha beserta harganya.
 
6 daftar motor listrik Yamaha beserta harganya
 
1. Yamaha E01
 
- Harga: ± Rp 30 - Rp 40 juta

Yamaha meluncurkan motor listrik E01 dengan baterai lithium-ion 4,9 kWh yang memerlukan waktu pengisian 5 jam. Dengan daya 8,1 kW, torsi 30,2 Nm, dan kecepatan maksimum 100 km/jam, E01 menawarkan jarak tempuh 104 km, cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Motor ini sebenarnya telah diperkenalkan di Indonesia. Meskipun masih berupa prototipe, Yamaha E01 diperkirakan akan segera diluncurkan secara massal. Namun, hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai tanggal peluncuran resmi di Indonesia.
 
 
2. Yamaha E02
 
- Harga: ± Rp 56 juta

Yamaha memperkenalkan motor listrik E02 yang menawarkan performa handal dengan kecepatan maksimum 90 km/jam. Ditenagai oleh baterai lithium-ion seberat 8 kg dengan daya 2,5 kW, motor ini memerlukan waktu pengisian sekitar 8 jam. E02 memiliki daya maksimal 15 hp dan saat ini dipasarkan di China dengan harga sekitar Rp 56 juta.
 
Bagi Anda yang tertarik membeli Yamaha E02, perlu bersabar karena saat ini motor ini hanya tersedia di pasar Eropa. Diperkirakan, harga Yamaha E02 akan sekitar Rp 56 juta.
 
3. Yamaha EMF

- Harga: ± Rp 51 juta
 
Motor listrik Yamaha EMF menawarkan performa dengan daya maksimal 10,3 ps pada 3000 rpm dan torsi maksimum 26 Nm pada 2500 rpm. Ditenagai oleh baterai lithium, motor ini dapat menempuh jarak hingga 50 km dengan kecepatan maksimum yang mencengangkan mencapai 1000 km/jam.
 
Motor Yamaha EMF hadir di pasaran dalam tiga varian warna: Dark Black, Dark Green, dan Like Blue. Meskipun sudah diluncurkan di Taiwan, belum ada informasi mengenai tanggal rilisnya di Indonesia. Diperkirakan, motor ini akan dijual di Indonesia dengan harga sekitar Rp51 juta.
 
4. Yamaha EC-05

- Harga: ± Rp 45,7 juta
 
Yamaha EC-05 adalah motor listrik dengan desain modern dan futuristik, mengadopsi basis dari Gogoro S2 untuk baterai, sasis, dan teknologi. Hasil kolaborasi antara Yamaha dan Gogoro, salah satu produsen skuter listrik terbesar Taiwan.
 
Motor ini menawarkan jarak tempuh hingga 110 km dan dipasarkan di China dengan harga sekitar Rp 45,7 juta. Desainnya yang inovatif memberikan kesan seolah-olah motor ini berasal dari masa depan.
 
5. Yamaha e-Vino
 
- Harga: Rp 45 juta

Yamaha e-Vino, yang diluncurkan pada 2015, adalah motor listrik yang mirip dengan Yamaha Fino dan Honda Scoopy. Motor ini memiliki berat 74 kg dan menggunakan baterai lithium-ion dengan daya 50 Volt dan kapasitas 50 V-10 Ah. Dengan kecepatan maksimum 44 km/jam, e-Vino menawarkan jarak tempuh hingga 33 km.

Hingga saat ini, Yamaha baru meluncurkan motor listrik Yamaha e-Vino di Jepang pada tahun lalu. Di Jepang, motor ini dipasarkan dengan harga sekitar 259.600 Yen, atau sekitar Rp 35 juta per unit.
 
6. Yamaha Neos
 
- Harga: ± Rp 32,8 juta
 
Motor listrik ini mengusung desain skuter matik yang modern dan futuristik, dengan lampu depan menyerupai sepasang mata dan bagian belakang terpisah dari bodi. Saat diluncurkan di Vietnam, motor ini tersedia dalam tiga warna diantaranya, putih, hitam, dan biru.
 
Ditenagai baterai lithium-ion 50,4 V / 19,2 Ah, motor ini dapat menempuh jarak 37 km dan menghasilkan torsi 3,3 horsepower pada 400 RPM, dengan harga mulai dari Rp 32,8 juta.
 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024