Jakarta (ANTARA) - Suhu udara yang panas, bisa diatasi dengan menyalakan Air Conditioner (AC) dalam mobil untuk membuat suasana menjadi lebih sejuk.

AC mobil yang tidak dingin, bisa menjadi masalah dan keluhan bagi pengendara juga penumpang mobil sehingga ruang dalam kabin terasa tidak nyaman.

Kerusakan pada AC mobil yang tidak dingin bisa disebabkan beberapa faktor. Berikut adalah penyebab yang umum terjadi pada AC mobil yang tidak dingin dan cara menanganinya, sebagaimana dilansir dari laman resmi Auto2000 dan Astra Daihatsu.

1. Freon habis

Komponen utama dalam AC yang dingin adalah freon. Jika freon habis, maka AC hanya mengeluarkan angin dan dipastikan tidak akan dingin. Oleh karena itu, selalu rutin untuk memeriksa dan mengisi ulang freon di bengkel yang menyediakan.

2. Kondensor tersumbat

Kondensor terletak di bagian depan mobil dan berfungsi untuk mendinginkan freon, jika terlalu banyak kotoran atau debu yang menempel pada kondensor dapat menghalangi aliran udara yang diperlukan untuk membuang panas dari freon.

Untuk menanganinya, pengendara atau pengguna mobil harus rutin membersihkan kondensor yang menempel banyak debu dan kotoran untuk mengurangi risiko AC tidak dingin.

3. Kompresor AC rusak

Kompresor adalah bagian yang bertanggung jawab, untuk mengompres freon. Jika kompresor rusak, sistem tidak akan mampu menghasilkan tekanan yang cukup untuk menggerakkan freon dengan efektif, sehingga tidak menghasilkan udara dingin.

Untuk menanganinya, pengendara direkomendasikan untuk membawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan dan perbaikan penyebab kompresor AC yang rusak. Sehingga AC mobil tidak dingin.

4. Extra fan mati

Komponen ini terletak di depan kondesor, apabila extra fan mati akan mengurangi kinerja pendinginan AC. Sehingga AC kabin di dalam mobil akan tetap merasakan panas atau hanya angin saja yang keluar.

Untuk menanganinya selalu konsultasi dengan ahli AC mobil atau bengkel, sehingga permasalahan ini bisa dapat diperbaiki.

5. Penyumbatan evaporator

Evaporator yang tersumbat karena debu atau kotoran, akan membuat aliran udara dari blower menjadi terhambat akibatnya sirkulasi AC jadi terganggu.

Untuk menanganinya, pengendara harus rutin membersihkan secara berkala di bengkel mobil.

6. Belt kompresor longgar atau rusak

Fungsi belt yang menghubungkan kompresor dengan mesin mobil harus dalam kondisi baik untuk memastikan kompresor berputar dengan lancar. Jika longgar atau ada kerusakan, dapat mengganggu kinerja pada AC mobil.

Untuk menanganinya, pengendara harus memastikan belt dalam keadaan baik dan tidak longgar untuk memaksimalkan kinerja AC pada mobil.

Perlu Anda ingat, penyebab AC tidak dingin bisa terjadi karena suhu cuaca yang panas berlebih. Sehingga AC tidak terasa dingin dan rutin lakukan pengecekan di bengkel yang dapat membantu masalah lainnya dari penyebab AC mobil yang tidak dingin.
 

Baca juga: Penting rawat AC mobil sebelum melakukan mudik dengan mobil pribadi

Baca juga: Penyebab AC mobil tidak dingin ketika cuaca panas

Baca juga: Cara mudah bersihkan ventilasi AC mobil

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024