Jakarta (ANTARA) - Melakukan kegiatan mudik lebaran 2024 dengan kendaraan pribadi, diperlukan persiapan yang matang untuk mendapatkan kenyamanan dan juga keselamatan pada saat dikendarai.

Hal utama yang menjadi titik nyaman dalam berkendara selama perjalanan mudik adalah, perawatan Air Conditioner (AC) agar ketiak dipakai dalam kondisi sehat dan prima.

“Perawatan untuk cuci AC itu biasa dilakukan setiap 3 bulan sekali,” kata CEO dari Dokter Mobil, Ko Lung Lung kepada ANTARA, Sabtu.

Baca juga: Perawatan AC cukup rajin ganti filter saja

Baca juga: Rawat AC mobil bisa jadi pilihan isi waktu ngabuburit


Menurut dia, berbagai hal untuk menjaga kondisi AC tetap prima sebuah hal yang sudah diharuskan. Jika tidak melakukan perawatan AC secara tidak rutin, bukan hanya kerusakan komponen saja, biaya yang harus dikeluarkan juga cukup mahal.

Perawatan AC biasanya dibutuhkan pembersihan komponen-komponen vital yang ad di dalamnya seperti pencucian evaporator, pencucian kondensor, ganti oli kompresor, top up freon hingga coolant mesin.

“Ganti oli dan freon itu biasanya dilakukan setiap 12 bulan sekali. Ketika pemilik kendaraan lalai akan kesehatan AC mobil mereka, komponennya akan menjadi cepat rusak,” jelas dia.

Menurut dia, evaporator sangat penting untuk diperhatikan karena komponen ini sudah kotor akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan mobil dan juga kesehatan orang yang ada di dalamnya. Jika evaporator kotor juga udara yang masuk ke dalam kabin akan menimbulkan bau yang tidak sedap ke dalam kabin.

Para pemilik kendaraan yang hendak melakukan perawatan komponen ini, disarankan setiap berjarak 20.000 Km sekali. Jika sudah mengalami kerusakan, suhu temperatur pada ac akan bermasalah dan jika tidak segera diatasi pipa pada ac akan diselimuti es.

“Ini sangat fatal untuk kesehatan anda yang berada di dalam kabin sebaiknya anda memperbaikinya dan dibawa ke bengkel spesialis ac mobil,” tegas dia.

Jadi para pemilik kendaraan yang hendak melalukan perjalan mudik lebaran dengan kendaraan pribadi yang memiliki kondisi AC tidak sehat, disarankan untuk segara membawa ke spesialis AC yang memang terpercaya, agar perjalanan ke kampung halaman tidak menjadi membosankan akibat AC yang tidak sehat.

Baca juga: Penyebab AC mobil tidak dingin ketika cuaca panas

Baca juga: Cara mudah bersihkan ventilasi AC mobil

Baca juga: Perhatikan kondisi radiator jika mudik dengan mobil pribadi

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024