Jakarta (ANTARA) - Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang di masa libur Lebaran, misalnya merawat kebersihan kabin kendaraan hingga mengisi freon AC mobil agar lebih nyaman dan juga sejuk.

Dikutip dari laman resmi Suzuki, Jumat, freon merupakan senyawa kimia yang disebut juga refrigerant, bentuknya adalah gas yang dimanfaatkan menjadi fluida penyerap beban pendingin. Ciri dari freon adalah tidak memiliki warna serta bau. Berikut langkah-langkah pengisian freon yang dapat dilakukan di rumah:

1. Mengosongkan sisa freon

Pemilik kendaraan pertama-tama harus mengosongkan freon yang masih tersisa dalam AC agar tidak tercampur dengan yang lama agar kinerja ac lebih baik. Pemilik harus memasang manifold gauge atau manometer gauge yang merupakan alat untuk membaca tinggi atau rendahnya tekanan.

Untuk mengaplikasikan manifold, pemilik kendaraan yang ingin memasang freon AC harus menutup alat itu kemudian pasang selang tekanan rendah warna merah ke port S atau L kompresor AC.

Kemudian selang yang bertekanan tinggi warna biru pada port H atau D di kompresor AC. Apabila sudah selesai, buka kran tekanan rendah dan tinggi hingga freon keluar.

Baca juga: Kesalahan umum saat menggunakan AC Mobil

Baca juga: Tips merawat AC mobil


2. Vakum sisa freon dan bersihkan AC

Isi freon mungkin saja sudah habis, tapi Anda perlu menghilangkannya secara menyeluruh. Biasanya masih tersisa uap air pada sistem AC, ini juga perlu dihilangkan. Prosesnya membutuhkan mesin vakum dan membutuhkan waktu 15 menit.

Caranya adalah membuka kran tekanan rendah dan tinggi harus dibuka. Maka udara serta uap air akan keluar dari sistem. Jika sudah selesai dan angka menunjukkan minus 20 psi, Anda bisa menutup kran kembali.

Apabila proses ini sudah selesai dilakukan, terakhir Anda bisa membersihkan AC mobil terlebih dahulu. Mungkin saja masih terdapat kotoran menyumbat yang bisa mengganggu kinerja setelah diisi ulang freon baru.

3. Melumasi sistem AC

Pemilik juga tidak disarankan untuk langsung mengisi freon, Anda disarankan untuk memberikan pelumas agar kompresor AC memiliki mesin yang terjaga dan mencegah kerusakan.

Setelah Anda menutup kran tekanan rendah dan tinggi, maka pompa vakum perlu dilepas. Siapkan pelumas berukuran 5-10 cc ke dalam gelas, pelumas yang digunakan juga bukan oli mesin. Kemudian masukan selang manifold gauge ke dalam gelas tersebut.

Pelumas akan tersedot masuk melalui selang ketika Anda mulai membuka katup kran tekanan rendah sedikit. Tutup kran apabila semua pelumas sudah masuk, kemudian tekan knop yang terdapat di tengah manifold gauge.

4. Mengisi dengan freon baru

Freon perlu diisi pada selang bertekanan rendah dan tinggi secara terpisah. Untuk pengisian pada saluran yang bertekanan tinggi dimulai dengan menaikkan tekanan pada tabung. Caranya adalah memanaskannya dengan charging station.

Kemudian AC mobil juga harus dalam keadaan off selama pengisian. Ketika manifold gauges sudah terpasang, kran tekanan rendah perlu ditutup dan kran tekanan tinggi bisa dibuka. Tabung freon yang sudah dipanaskan kemudian dibalik agar bisa masuk ke saluran.

Nantinya yang masuk adalah freon cair dan bisa diisi sampai penuh. Selama proses ini nantinya cairan akan masuk ke kondensor karena semua katup sudah tertutup. Beda lagi dengan cara mengisi freon pada saluran tekanan rendah.

Untuk mengisi pada saluran tekanan tinggi, AC harus menyala dan memiliki putaran 2000 sampai 3000 RPM di mana AC temperaturnya maksimal. Saluran untuk mengisi yang digunakan adalah S atau L kompresor AC.

Untuk mengetahui apakah freon sudah terisi penuh selain memperhatikan angka pada manometer, ada cara lain yang bisa dilakukan.

Baca juga: Starter mobil saat AC menyala bisa merusak aki

Baca juga: Benarkah mengemudi sambil merokok bisa merusak AC mobil?

Baca juga: Hemat waktu servis AC mobil dengan teknologi flushing dan endoskopi

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021