Jakarta (ANTARA) - Asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia, yakni Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan pemberian insentif oleh pemerintah dapat membantu membangkitkan kembali industri otomotif yang melesu pada kuartal pertama 2024.

“Pemerintah perlu mempertimbangkan, kembali memberikan sesuatu insentif berupa penurunan bahkan penghapusan PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah) untuk produk-produk tertentu,” ujar Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto kepada ANTARA, Kamis.

Jongkie menyebut, pemberian insentif selalu terbukti menjadi salah satu kunci paling efektif untuk memecahkan masalah penurunan penjualan di industri ini.

Ia mencontohkan, program relaksasi PPnBM Ditanggung Pemerintah (DTP) kendaraan bermotor yang diluncurkan oleh pemerintah pada Maret 2021 efektif mendongkrak utilisasi industri otomotif nasional di tengah penurunan drastis selama pandemi COVID-19.

Baca juga: Gaikindo dorong pemberian insentif mobil hybrid meski tak sebesar BEV

Baca juga: Pemerintah beri insentif pajak barang mewah untuk mobil listrik


“Setelah insentif dijalankan penjualannya langsung naik, dan naiknya tidak tanggung-tanggung, terbukti bahwa dengan PPnBM waktu itu dihapus untuk sementara waktu penjualannya langsung meningkat. Stimulus ini tujuannya agar pabrik-pabrik ini jalan termasuk pabrik komponennya, dan kita sudah buktikan bahwa penerimaan pemerintahnya jadi melonjak naik, saya harap pemerintah bisa memikirkan hal itu,” kata dia.

Selain dorongan agar pemerintah kembali memberikan insentif, lanjut Jongkie, Gaikindo juga terus berupaya menggairahkan kembali utilisasi industri otomotif nasional dengan menggelar beragam pagelaran otomotif untuk menarik lebih banyak konsumen, salah satunya yang terdekat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia yang akan diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli 2024 itu, kata Jongkie, juga terus berevolusi dengan berbagai inovasi baru, seperti turut digelar di kota-kota besar lain, selain menampilkan lebih banyak produk-produk baru.

“Kita berharap dengan adanya pameran seperti GIIAS, akhir tahun ada Jakarta Auto Week dan lainnya, stimulus-stimulus ini untuk menaikkan minat pembeli karena merek-merek itu juga meluncurkan model baru, memberikan tambahan promosi entah diskon hingga kemudahan pembayaran, yang tujuannya bisa membantu menaikkan angka-angka penjualan,” kata Jongkie.

Gaikindo mencatat penjualan retail sepanjang Januari hingga Mei 2024 membukukan hasil 361.698 unit. Pencapaian tersebut turun 14,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 422.514 unit.

Pada Maret 2019, penjualan mobil mencapai sekitar 46.544 unit dan terus menurun pada bulan April dan Mei menjadi 40 ribu unit dan 40.137 unit. Namun pada periode awal pandemi, penjualan menurun menjadi 44.844 unit, dimana penurunan terendah terjadi pada bulan April dan Mei 2020, hanya 9.426 dan 6.907 unit.

Setelah pemberlakuan program relaksasi PPnBM DTP, penjualan mobil yang masuk dalam skema relaksasi meningkat. Hasil niaga secara whole sales pada semester pertama 2021 tercatat sebanyak 52.909 unit pada Januari, 49.202 unit pada Februari, 84.915 mobil untuk Maret, 78.908 mobil pada April, 54.815 unit pada Mei dan Juni mencapai 72.720 unit, berdasarkan catatan Gaikindo.

Baca juga: Insentif PPnBM DTP sebagai "game changer" industri otomotif

Baca juga: Implementasi program insentif mobil listrik dinilai perlu penyesuaian

Baca juga: Ada insentif, Gaikindo: Target 1 juta mobil listrik 2035 menantang

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024