Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif asal China, Bulid Your Dreams (BYD) mencatat adanya dua sejarah besar sekaligus pada hari ini, seperti peresmian pabrik baru di Thailand dan kedua peluncuran produksi ke-8 juta kendaraan elektrik mereka.

Arena Ev pada Kamis mengabarkan bahwa pabrikan otomotif tersebut setidaknya membutuhkan waktu 13 tahun untuk mencapai satu juta kendaraan energi baru pertama pada tahun 2021.

Dengan semangat kerja keras yang dibangun selama ini, untuk mencapai 7 menjadi 8 juta, mereka hanya butuh waktu kurang dari 4 bulan dan unit yang ke-7 juta telah selesai pada tanggal 25 Maret tahun ini dan hanya kurang dari 11 bulan sejak BYD memproduksi yang ke-5 juta pada 9 Agustus 2023 lalu. 

Baca juga: BYD serah terima 1.000 mobil listrik untuk konsumen Indonesia
 

Meski begitu, belum ada kejelasan mengenai peringatan tersebut. Produksi ke-8 juta itu masih belum menemukan titik terang apakah akan keluar dari jalur perakitan Thailand, atau baru akan dimulai di sana pada 4 Juli.

Pabrik Thailand adalah pabrik luar negeri pertama yang sepenuhnya dimiliki merek tersebut, sedangkan pabrik Uzbekistan adalah lokasi perakitan yang dihasilkan dari kerja sama dengan pihak luar.

Baca juga: Harmony Auto berencana memperluas jaringan dealer BYD di Indonesia
 

Pembangunan pabrik dimulai pada Maret 2023, dan terletak di zona khusus Koridor Ekonomi Timur (EEC) di provinsi Rayong. Parbik BYD memiliki lokasi yang sama dengan pabrik GAC Aion yang akan dibuka pada akhir bulan ini.

Pabrik BYD di Thailand, akan memproduksi sekitar 150.000 unit mobil per tahun. Awalnya, mobil yang diproduksi akan memenuhi kebutuhan pasar domestik Thailand, tetapi kemudian akan diperluas ke negara-negara tetangga ASEAN dan sekitarnya.

Baca juga: BYD melihat sisi baik kehadiran kendaraan elektrik China di Indonesia

Baca juga: BYD kirim 1.500 kendaraan untuk konsumen Indonesia pada akhir Juni

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024