Jakarta (ANTARA) - Undang-undang terbaru saat ini mewajibkan semua mobil baru yang dijual di Eropa untuk memiliki perangkat pembatas kecepatan, terhitung mulai 7 Juli 2024.

Teknologi yang disebut intelligence speed assistance (ISA) kini wajib dipasang pada semua mobil baru di Uni Eropa, dan dapat memperingatkan pengemudi saat mereka mengemudi melebihi batas yang ditetapkan atau secara aktif mencegah kendaraan melaju lebih cepat, lapor laman Drive, Jumat.

Namun, para penentangnya mengkritik teknologi ini karena dapat membuat pengemudi merasa terganggu. 

Baca juga: Pentingnya perhatikan kecepatan mobil saat bawa anak kecil
 

Produsen memiliki empat opsi yang tersedia di bawah peraturan Uni Eropa jika ISA mendeteksi adanya kecepatan: dorongan lembut pada pedal gas, pengurangan tenaga mesin secara otonom, getaran pedal gas yang dikombinasikan dengan peringatan visual (yang akan meningkat jika diabaikan), atau isyarat visual yang berkedip yang diikuti dengan peringatan suara.

Pengemudi dikatakan dapat mengintervensi dan mengesampingkan teknologi ini.

Di bawah undang-undang Uni Eropa, pengemudi disarankan untuk dapat mematikan ISA ketika pengemudi mengalami peringatan palsu atau umpan balik yang tidak tepat sebagai akibat dari kondisi cuaca buruk, marka jalan yang bertentangan untuk sementara waktu di zona konstruksi, atau rambu-rambu jalan yang menyesatkan atau rusak.

Baca juga: Jessi Combs tewas saat mencoba membuat rekor kecepatan bermobil
 

Sebagai sebuah rekomendasi, kemampuan untuk mematikan sistem ini bukanlah sebuah keharusan.

Meskipun Inggris telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan memberlakukan mandat ini, setiap mobil baru yang dijual dan didaftarkan setelah tanggal 7 Juli 2024 di Eropa - meskipun dibuat sebelum undang-undang ini diberlakukan - akan diwajibkan untuk memasang teknologi ini.

Baik kamera pengenal rambu-rambu jalan maupun data peta GPS akan digunakan oleh sistem ISA untuk menentukan batas kecepatan.

Baca juga: Bugatti Chiron melesat hingga 400 km/jam dalam 32,6 detik
 

Teknologi pengenal rambu jalan yang dipasang pada mobil baru yang dijual di Australia sering dikritik karena salah menafsirkan rambu-rambu zona kecepatan variabel - seperti zona batas sekolah yang sensitif terhadap waktu - dan juga rambu batas kecepatan yang terletak di jalan layanan.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 oleh Departemen Transportasi New South Wales (NSW) menemukan bahwa teknologi ISA mengurangi kejadian kebut-kebutan hingga 89 persen, dengan data yang menunjukkan bahwa kecelakaan fatal berpotensi untuk dikurangi hingga sekitar 19 persen jika ISA diwajibkan di Australia, yang berarti sekitar 200 nyawa terselamatkan setiap tahunnya.

Baca juga: Huawei tarik perhatian banyak merek otomotif dengan teknologi ADAS-nya
 

Setelah penelitian tersebut, Departemen Transportasi NSW menciptakan aplikasi Speed Adviser untuk ponsel pintar, yang memberikan peringatan suara dan visual di jalan raya di seluruh New South Wales dengan menggunakan teknologi GPS.

Selain memberi tahu pengemudi ketika mereka melewati batas kecepatan, aplikasi ini juga dapat memperingatkan ketika kendaraan mendekati kamera kecepatan bergerak, zona sekolah yang aktif, penyeberangan kereta api, atau area dengan batas kecepatan tertentu.

Baca juga: Hyundai ciptakan teknologi baru bantu pengemudi tunarungu

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024