Jakarta (ANTARA) - Dalam berkendara, aspek terpenting adalah performa dan kondisi kendaraan itu sendiri. Banyak aspek yang mempengaruhi kedua hal tersebut seperti kondisi mesin, usia sparepart, serta jenis bahan bakar yang digunakan.

Semua aspek di atas memiliki kesinambungan. Untuk mesin, rangkaian komponen mekanis itu dapat bekerja setelah terjadinya pembakaran di ruang mesin yang dipicu oleh letupan api dari bahan bakar. 

Dalam hal ini, Pertamina selaku penyedia bahan bakar terbesar negara memiliki beberapa opsi pilihan bahan bakar untuk kendaraan Anda. Lantas, apa saja jenis bahan bakar mesin yang disediakan Pertamina? Berikut penjelasannya

Pertamax
Bahan bakar bensin dengan angka oktan minimal 92 dan telah berstandar internasional. Bahan bakar ini cocok untuk digunakan bagi kendaraan yang memiliki kompresi ratio 10:1 sampai 11:1. Pertamax juga memiliki berbagai keunggulan, di antaranya:
  • Terbuat dengan formula Pertatec (Pertamina Technology) yang bisa menghilangkan endapan atau kerak kotoran pada mesin
  • Penambahan zat aditif dalam Pertamax bisa membantu menghadapi permasalahan pada mesin, menjaganya agar lebih awet dan menjaga performa mesin tetap optimal

Pertalite
Pertalite adalah bahan bakar bensin yang memiliki angka oktan 90, dapat digunakan untuk kendaraan roda dua maupun empat yang memiliki kompresi 9:1 hingga 10:1. Pertalite sendiri punya beberapa keunggulan, seperti:
  • Memiliki harga yang terjangkau dengan kualitas yang baik
  • Dengan tambahan zat aditif, Pertalite bisa membuat kendaraan Anda menempuh jarak lebih jauh dengan pemakaian bensin yang efisien

Pertamax Turbo
Pertamax turbo merupakan bahan bakar yang dibuat dari hasil kolaborasi antara Pertamina dan Lamborghini untuk memenuhi persyaratan mesin dengan teknologi tinggi. Pertamax turbo dikembangkan dengan formula Ignition Boost Formula (IBF) yang punya angka oktan 98 serta kadar sulfur rendah, sehingga lebih ramah lingkungan.

Adapun keunggulan Pertamax Turbo, yakni:
  • Dapat meningkatkan akselerasi dan kecepatan kendaraan kesayangan Anda
  • Membuat mesin kendaraan menjadi lebih responsif dengan performa yang optimal

Pertamina Dex
Pertamina Dex adalah bahan bakar untuk kendaraan dengan mesin diesel yang bisa membuat suara mesin menjadi lebih halus dan kinerja mesin lebih kuat dan bertenaga. Jenis bahan bakar ini direkomendasikan untuk kendaraan dengan mesin diesel modern berteknologi tinggi yang membutuhkan bahan bakar prima dengan kualitas tinggi.

Pertamina Dex memiliki cetane number tertinggi, yaitu 53 dengan standar EURO 3. Beberapa keunggulan yang ditawarkan Pertamina Dex antara lain sebagai berikut:
  • Dengan memiliki standar EURO 3, Pertamina Dex dapat menghasilkan emisi yang ramah lingkungan
  • Kandungan sulfur yang rendah dapat membuat mesin kendaran lebih awet dan tangguh karena terhindar dari endapan atau kerak

Dexlite
Bahan bakar ini diperuntukan kepada mesin diesel dan mengandung angka cetane minimal 51 serta kandungan sulfur maksimal 1200 ppm. Bahan bakar ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menggunakan bahan bakar diesel yang bertenaga namun dengan harga yang lebih terjangkau. Dexlite juga punya beberapa keunggulan, seperti:
  • Memiliki kandungan sulfur yang lebih rendah jika dibandingkan solar
  • Dapat memastikan mesin diesel kendaraan Anda terbebas dari kerak atau endapan yang bisa mengganggu performa berkendara
Demikian jenis-jenis bensin Pertamina beserta oktan & keunggulannya

Baca juga: Harga bensin Shell Juli turun

Baca juga: Apa yang dimaksud RON pada bahan bakar?

Baca juga: Lima mobil lawas hemat BBM era 2000-an, cocok untuk anak muda
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024