Jakarta (ANTARA) - Toyota HiLux 2026 dikabarkan akan mendapatkan mesin empat silinder baru yang bertenaga melalui perbandingan dengan mesin yang dikenal dengan nama '2JZ', yang terkenal dari Toyota Supra tahun 1990-an.

Menurut laporan Karuma News seperti dikutip Drive pada Rabu waktu setempat, Toyota telah menguji mesin bensin empat silinder turbocharged 2.0 liter barunya di HiLux dengan perkiraan daya 224 kW.

Namun demikian, tidak jelas apakah itu adalah HiLux saat ini yang hampir mencapai akhir siklus hidupnya, atau prototipe konsep HiLux generasi berikutnya yang diharapkan akan diluncurkan pada tahun 2025.

Baca juga: Toyota Hilux Double Cabin 4x4 baru tampil lebih gagah

Baca juga: Toyota New Hilux Single Cabin Diesel pakai mesin baru


Ilustrasi digital karya seniman Theottle ini memberikan gambaran tentang seperti apa tampilan mobil baru itu.

Mesin yang dipasang pada HiLux tampaknya berasal dari keluarga baru mesin empat silinder yang dipamerkan Toyota pada bulan Mei 2024, dengan versi 1,5 liter dan 2,0 liter sedang dalam pengembangan.

Menurut laporan tersebut, para jurnalis media dapat mengendarai Toyota HiLux yang dilengkapi dengan mesin bensin turbo 2.0 liter yang menghasilkan daya sekitar 224 kW dan dipadukan dengan transmisi manual enam percepatan.

Toyota juga memiliki versi mesin 2.0 liter turbocharged 300 kW yang dipasang pada Lexus IS generasi baru seperti yang dilaporkan sebelumnya, namun angka performa pasti untuk mesin tersebut belum diketahui pada tahap itu.

Redline untuk mesin HiLux dikatakan sebesar 6200 rpm, sedangkan mesin 2.0 liter yang lebih bertenaga pada Lexus IS memiliki redline sebesar 6800 rpm.

Meskipun tidak ada angka torsi yang diberikan, output ini jauh melebihi 165 kW yang dihasilkan oleh mesin empat silinder turbo-diesel 2,8 liter yang ditawarkan pada HiLux GR Sport teratas saat ini.

Belum jelas pada tahap ini apakah versi 300 kW yang lebih bertenaga dari mesin 2.0 liter baru seperti yang dipasang pada Lexus IS praproduksi dapat menjadi pilihan untuk HiLux, tetapi itu akan menjadi pesaing langsung bagi mesin bensin V6 twin-turbo 3.0 liter 292 kW yang ditemukan di Ford Ranger Raptor.

Namun, V6 twin-turbo dari LandCruiser belum dikesampingkan.

"Toyota memiliki mesin yang populer secara global yang disebut mesin '2JZ'. Kami ingin menciptakan mesin yang melampaui (2JZ)," kata seorang teknisi Toyota di acara tersebut.

Dipasang pada Toyota Supra dan sedan Aristo pasar Jepang dari tahun 1990-an, 2JZ-GTE adalah mesin enam silinder segaris twin-turbo 3.0 liter yang dikenal mampu menghasilkan tenaga yang signifikan saat dimodifikasi dan dipopulerkan dalam film The Fast and The Furious.

Mengingat banyaknya kesamaan antara mesin yang ditemukan di Ford Ranger Raptor dan 2JZ, ini bisa jadi sindiran terselubung dari teknisi Toyota.

Meskipun sedikit informasi yang diberikan tentang uji coba, laporan terjemahan mengatakan mesin tersebut memberikan "akselerasi ringan dari posisi diam dan hampir tidak ada turbo lag, sehingga memberikan kesan bahwa mesin tersebut menyenangkan untuk dikendarai”.

Laporan sebelumnya dari majalah Best Car Jepang mengklaim Toyota sedang mengembangkan mobil sport Celica dan MR2 baru, dengan keduanya akan menerima mesin turbocharged 2.0 liter generasi baru.

Baca juga: Toyota konfirmasi produksi Hilux listrik

Baca juga: Toyota: Diesel tidak akan mati dalam waktu dekat

Baca juga: Toyota Rangga Concept bakal diluncurkan awal 2024

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024