Jakarta (ANTARA) - Supacat memperkenalkan kendaraan militer baru berbasis Toyota HiLux yang dinamai Supacat Medium Utility Vehicle Hi-Load atau MUV kepada komunitas pertahanan global.

MUV, yang diproduksi di Sydney, Australia, dibangun berdasar mobil pikap dua kabin populer Toyota yang sasisnya diperluas agar bisa menjadi kendaraan berpenggerak enam roda dengan daya muat dan kemampuan off-road lebih tinggi menurut siaran Drive pada Kamis waktu setempat.

Kendati dirancang menjadi modular, yang memungkinkan berbagai konfigurasi sesuai kebutuhan klien, kendaraan ini telah direkayasa sehingga memiliki massa kotor kendaraan (GVM) 6,5 ton, secara teknis dijadikan sebagai truk dengan kemampuan angkut hingga 3.000 kg.

Meskipun sasisnya dimodifikasi dan tidak seperti beberapa kendaraan militer lain di segmen ini, MUV menggunakan banyak komponen siap pakai sehingga lebih terjangkau dan lebih mudah dirawat dan diperbaiki.

Detail pasti tentang mesin MUV tidak diiklankan, tetapi dapat dipahami bahwa kendaraan tersebut menggunakan mesin HiLux 2,8 liter turbo-diesel empat silinder yang menghasilkan tenaga 150 kW dan torsi 500 Nm.

Namun, Supacat memberi tahu Drive bahwa peningkatan pada mesin tersebut tersedia.

Baca juga: Toyota konfirmasi produksi Hilux listrik

Baca juga: Toyota sudah membuka layanan pemesanan awal Hilux Rangga


MUV dapat digunakan untuk mendukung stasiun senjata yang dioperasikan dari jarak jauh, memungkinkan penumpang untuk menyerang target sambil tetap berada di dalam kabin.

"MUV melanjutkan warisan produk Supacat dengan menggabungkan mobilitas tinggi dan muatan tinggi dengan modularitas yang membebaskan," kata juru bicara perusahaan kepada Drive.

"Kami yakin MUV akan disukai oleh pasukan regional yang ingin memaksimalkan kemampuan...," katanya.​​​​​​

Supacat MUV diluncurkan hanya beberapa pekan setelah Australian Defence Force (ADF) mengumumkan penambahan Polaris DAGOR ke dalam armadanya, dan kurang dari dua bulan setelah ADF menolak penawaran pasokan truk pikap Toyota LandCruiser Seri 70 6x6 yang dimiliterisasi dari sebuah firma teknik Australia.

Baca juga: Pikap mewah BYD Shark diperkenalkan di Meksiko

Baca juga: All-new Triton diharapkan rebut kembali pangsa pasar pikap 4x4

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024