Jakarta (ANTARA) - Mitsubishi Motors mengungkapkan penampakan eksterior dari kendaraan yang sebelumnya disebut sebagai The New SUV sebelum diluncurkan secara global pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, 10 Agustus mendatang.

“Pada hari ini kami sangat senang bisa menampilkan kendaraan ini kepada para hadirin sebelum nantinya diluncurkan secara resmi pada ajang GIIAS 2023 ,” kata Presiden direktur PT MMKSI Atsushi Kurita pada saat peluncuran wajah dari The New SUV di Jakarta, Senin.

Beberapa waktu yang lalu, PT MMKSI sudah memberikan banyak bocoran mengenai kendaraan yang memiliki tampilan futuristik pada bagian depan dan juga belakangan. Dengan hadirnya The New SUV pada ajang GIIAS nanti, segmen SUV kompak akan semakin sengit karena belakangan ini banyak produsen otomotif Tanah Air bermain di ranah tersebut, seperti Hyundai Creta, Honda HR-V dan Wuling Alvez.

“Segmen Compact SUV sudah hadir di pasar Indonesia sejak lama, namun belakangan popularitasnya terus naik. Dalam dua tahun terakhir, segmen ini telah tumbuh lebih dari 50 persen dengan banyak merek yang bermain, dan banyak pendatang baru yang diluncurkan secara agresif,” ucap Kurita.

Untuk bisa bersaing dengan para kompetitornya, Mitsubishi disinyalir memberikan berbagai perlengkapan yang bisa diandalkan mulai dari teknologi dan juga ragam fitur.

Baca juga: Mitsubishi siap luncurkan "The New SUV" pada ajang GIIAS nanti

Pada bagian depan, mobil The New SUV memiliki tampilan Dynamic Shield yang telah berevolusi sejalan dengan konsep desain dari kendaraan tersebut. Wajah dari kendaraan itu juga terlihat sangat sporty berkat pembekalan bumper kiri dan kanan serta pelindung bumper bawah untuk melindungi grille depan.

Grille juga melambangkan performa powertrain dan menciptakan wajah depan yang sporty berkat paduan tiga dimensi.

Untuk semakin mempertegas kendaraan supaya mudah dikenali sebagai keluaran Mitsubishi, mobil itu dibekali dengan lampu LED daytime running yang menggabungkan L-shape dengan aksen celah untuk memancarkan cahaya dalam T-shape yang ikonik.

The New SUV, yang memiliki dimensi 4.390 milimeter x 1.810 milimeter x 1.660 milimeter dengan ground clearance 222 milimeter, dimuati dengan mesin berkapasitas 1.5L dengan transmisi CVT.

Sebagai senjata lain untuk bersaing dengan para pendahulunya, SUV kompak dari Mitsubishi itu juga dibekali dengan empat mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan, seperti Normal, Wet, Gravel, dan Mud.

Mode Wet baru dikembangkan untuk konsumen yang tinggal di wilayah dengan frekuensi hujan yang sering, terutama di ASEAN, untuk meminimalisasi kemungkinan kehilangan pengendalian, bebas khawatir dari jalan dengan kondisi banjir yang datang tiba-tiba akibat hujan lebat.

Baca juga: PT MMKSI pastikan nama XFC Concept bukan Destinator

Kenyamanan pada bagian dalam akan semakin terasa berkat kehadiran kolaborasi yang dijalankan antara Mitsubishi dengan Yamaha dalam menghadirkan sound system premium baru yang akan diadopsi untuk pertama kalinya di model The New SUV.

General Manager Divisi Desain Mitsubishi Motors Seiji Watanabe pada acara yang sama menjelaskan bahwa mereka telah mengembangkan desain model yang serba baru itu untuk memenuhi kebutuhan pasar compact SUV, yang telah berkembang pada beberapa tahun terakhir.

“Selain karakter desain yang kokoh dan bertenaga dari Mitsubishi Motors, kami mengejar desain yang lebih stylish, energik, dan berbeda dari sebelumnya. Di GIIAS nanti, kami berharap semakin banyak pelanggan yang akan menemukan apa yang ditawarkan Mitsubishi Motors dan dapat mengerti dan memiliki koneksi emosional dengan desain kami melalui The New SUV ini,” kata Watanabe.

Baca juga: SUV baru Mitsubishi XFC tertangkap kamera uji jalan di Indonesia

Baca juga: Spek All New Mazda CX-60 pesaing BMW hingga Lexus di premium SUV

Baca juga: Penjualan SUV tinggi, ini daya pikat seri Almaz untuk konsumen

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023