Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai agen pemegang merek kendaraan Mitsubishi di Indonesia menargetkan untuk menjual 100 ribu unit kendaraan di tahun fiskal 2024.

“Target kami adalah mencapai penjualan 100 ribu unit (kendaraan) di tahun fiscal year 2024,” ujar Director of Sales & Marketing Division MMKSI Yoshio Igarashi pada jumpa pers di Jakarta, Senin (1/4) malam.

Meski penuh tantangan untuk mencapai target tersebut, Igarashi berharap pangsa pasar (market share) perusahaan tahun ini dapat meningkat, setelah menurunnya penjualan di sektor otomotif beberapa waktu ke belakang.

Baca juga: Xpander jadi tulang punggung penjualan MMKSI di IIMS 2024

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita mengatakan banyak faktor yang menyebabkan industri otomotif loyo, mulai dari inflasi hingga faktor politik di Indonesia. Jumlah penjualan kendaraan mereka juga menurun di bandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Saya tidak dapat menyangkal bahwa pasar otomotif menghadapi banyak rintangan karena faktor-faktor seperti inflasi, kenaikan suku bunga, pengurangan subsidi bahan bakar, dan masalah politik. Penjualan kami juga sangat terpengaruh oleh persaingan yang ketat di pasar,” kata dia.

Pada tahun fiskal 2023, MMKSI mencatat total penjualan sebesar 77.937 unit kendaraan. Angka ini jauh lebih rendah dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 90.341 unit.

Baca juga: Tawarkan kemewahan, XFORCE jadi primadona kalangan perempuan

Sebagai salah satu strategi untuk menyiasati masalah tersebut, MMKSI telah memperkenalkan jajaran kendaraan baru, seperti SUV lima penumpang XForce dan kei car niaga bertenaga listrik L 100 EV.

Igarashi menyebut, XForce, yang baru diluncurkan pada Agustus 2023 lalu berhasil meningkatkan pangsa pasar perusahaan sekitar 13 persen. Ia pun mengharapkan hal yang sama pada L 100 EV.

Baca juga: MMKSI pasang target 20 ribu XFORCE di pasar domestik tahun depan

“Sejak diperkenalkan di Agustus tahun lalu XForce mendapatkan respons yang cukup positif di konsumen-konsumen kami. Sejak delivery ke konsumen yang kami lakukan mulai dari November 2023 XForce berhasil mendapatkan market share berkisar 13 persen,” imbuhnya.

Sementara itu, MPV andalan Mitsubishi yakni Xpander dan Xpander Cross berhasil mendapat pangsa pasar sebesar 23 persen, kemudian Pajero Sport sebesar 41 persen, dan Mitsubishi Triton 33 persen.

Baca juga: MMKSI siap distribusikan Mitsubishi XFORCE ke konsumen November ini

Baca juga: MMKSI tawarkan gaya hidup urban Mitsubishi XFORCE di GIIAS Semarang

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024