Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyampaikan bahwa mobil berbasis listrik Minicab MiEV akan diproduksi di Indonesia pada akhir tahun ini.

"Kami memang akan produksi Minicab MiEV, pada akhir tahun ini, kita akan mulai jual awal tahun depan," ujar Presiden Direktur PT MMKSI Atsushi Kurita di Jakarta, Rabu (5/4) malam.

Kurita mengatakan upaya untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan tersebut di Indonesia merupakan bentuk dukungan Mitsubishi terhadap program pemerintah untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

"Kami tahu pemerintah punya keinginan kuat untuk menjadi negara terdepan dalam industri mobil listrik. Kami akan membantu Indonesia untuk mewujudkan itu. Kita punya produknya dan kami akan berupaya menjualnya," kata Kurita.

Baca juga: Mitsubishi akan produksi Minicab MiEV di Indonesia

Saat ini geliat elektrifikasi di industri otomotif dalam negeri semakin kuat. Berbagai pabrikan otomotif baik dari Jepang, Korea Selatan, hingga China bersaing untuk menghadirkan kendaraan elektrifikasi.

Kurita menilai hal tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi. Mitsubishi merasa optimistis akan bisa bersaing untuk menghadirkan kendaraan elektrifikasi terbaik di Indonesia.

"Namun kami tidak khawatir karena kami juga memiliki teknologi yang terbaik di bidang elektrifikasi," kata Kurita.

Pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 Februari lalu, MMKSI telah mengumumkan bahwa Minicab MiEV akan diproduksi di Indonesia. Produksi mobil niaga itu akan dilakukan di fasilitas Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Presiden Direktur PT MMKSI periode September 2018 – Maret 2023 Naoya Nakamura mengatakan ini adalah pertama kalinya kendaraan Mitsubishi Motors diproduksi secara lokal di luar Jepang.

Langkah itu juga akan menandai Mitsubishi sebagai jenama otomotif Jepang pertama yang memulai produksi lokal untuk kendaraan listrik bertenaga baterai.

Minicab MiEV masuk dalam kategori Light Commercial Vehicle (LVC). Mobil listrik itu memiliki spesifikasi baterai berjenis lithium-Ion 5 kWh yang mampu membawa kendaraan melaju hingga 100 kilometer.

Minicab MiEV dilengkapi motor elektrik dengan kekuatan 30 kW atau setara 40 hp, dengan dimensi panjang 3.395 milimeter, lebar 1.475 milimeter, tinggi 1.810 milimeter, 2.390 milimeter, dan wheelbase (jarak antarroda) 2.390 milimeter.

Baca juga: Minicab MiEV dan DDH jadi strategi mobil listrik MMKSI sepanjang 2022

Baca juga: Pemerintah beri insentif pajak untuk pembelian mobil dan bus listrik

Baca juga: Toyota akan tambah kendaraan elektrifikasi di Indonesia tahun ini
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023