Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan akan memproduksi mobil berbasis listrik Minicab MiEV di Indonesia.

“Tak berhenti di model kendaraan penumpang saja, kami memperluas studi untuk Battery Electric Vehicle (BEV) niaga guna memahami bagaimana kami dapat terus mendukung petualangan hidup para pebisnis,” kata Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura saat pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2)

Produksi mobil niaga itu akan dilakukan di fasilitas Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Naoya mengatakan ini adalah pertama kalinya kendaraan Mitsubishi Motors diproduksi secara lokal di luar Jepang.

Langkah itu juga akan menandai Mitsubishi sebagai jenama otomotif Jepang pertama yang memulai produksi lokal untuk kendaraan listrik bertenaga baterai.

Mini van berbasis listrik Minicab MiEV yang dipamerkan pada pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2). (ANTARA/Pamela Sakina)

Pada kesempatan yang sama, Direktur Divisi Strategi Produk MMKSI Hikaru Mii mengatakan Minicab MiEV telah membuktikan potensinya untuk pasar bisnis logistik, jasa, ekspedisi, hingga bisnis kuliner.

“Kendaraan BEV niaga kami dipergunakan dalam aktivitas operasional mitra besar kami seperti Gojek, DHL, POS Idonesia, Halevora Power dan Be Sanur,” kata Hikaru menjelaskan.

Menurut dia, Minicab MiEV mampu melakukan penghematan biaya operasional yang signifikan dengan jarak tempuh yang memadai.

Baca juga: MMKSI ingin buktikan durabilitas & efisiensi lewat studi Minicab MiEV

Dimensi mobil yang kompak serta radius putar yang memadai akan cocok untuk berakselerasi di jalan-jalan yang sempit dan curam sekalipun.

Van berukuran mini yang masuk dalam kategori Light Commercial Vehicle (LVC) ini memiliki penggerak yang cukup bertenaga dan rendah emisi.

“Dimulai dengan model ini, kami akan segera menciptakan pasar BEV niaga yang benar-benar baru dan kami yakin produk kami akan menjadi salah satu pemain kunci di Indonesia,” kata Hikaru menambahkan.

Mobil listrik itu memiliki spesifikasi baterai berjenis lithium-Ion 5 kWh yang mampu membawa kendaraan melaju hingga 100 kilometer.

Minicab MiEV dilengkapi motor elektrik dengan kekuatan 30 kW atau setara 40 hp, dengan dimensi panjang 3.395 milimeter, lebar 1.475 milimeter, tinggi 1.810 milimeter, 2.390 milimeter, dan jarak antar roda (wheelbase) 2.390 milimeter.

Baca juga: Minicab MiEV dan DDH jadi strategi mobil listrik MMKSI sepanjang 2022

Baca juga: ESEMKA tak mau kalah pamerkan mobil listrik di IIMS 2023

Baca juga: Xiaomi bersiap produksi massal mobil listrik pada 2024

Baca juga: Pakai mesin hybrid, Suzuki Grand Vitara kembali mengaspal di Indonesia

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023