Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memamerkan mobil niaga ringan (light commercial vehicle/LCV) Minicab-MiEV pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Director of Product Strategy Division PT MMKSI, Hikaru Mii, menjelaskan bahwa hadirnya mobil itu menunjukkan bahwa mereka sedang mempelajari jenis mobil listrik yang cocok untuk pasar Indonesia.

"Masih uji, belum dipasarkan, hasilnya untuk pengembangan di Indonesia," kata Hikaru Mii secara daring, Selasa.

Baca juga: PLN kembangkan gerobak motor listrik untuk usaha mikro kecil
 
Mitsubishi Minicab-MiEV di GIIAS 2021 (ANTARA/HO) (ANTARA/HO)


Minicab-MiEV merupakan LCV berbentuk van mungil berkelir putih dengan tampilan minimalis. Kendati demikian, Minicab-MiEV mampu memenuhi kebutuhan mobilitas di lingkungan yang padat dan sempit, terutama untuk armada logistik.

Di negara asalnya, Jepang, Minicab-MiEV tersedia dalam dua opsi yakni 10.5kWh dan 16.0kWh serta atap tinggi atau atap standar, sesuai kebutuhan bisnis logistik di sana.

Baca juga: Ford Transit listrik akan diproduksi di Turki

Ia mengatakan, mobil di segmen niaga cocok digunakan sebagai uji pasar atau untuk riset dan pengembangan karena memiliki pola tempuh yang terukur.

"Kami menampilkan mobil listrik komersial ringan (LCV) adalah sebagai langkah memulai elektrifikasi dari sisi kendaraan niaga ringan. Karena mobil komersial sudah punya pola jarak tempuh, jadi kami mempelajari bagaimana EV bisa digunakan di Indonesia," kata dia.

Ia menambahkan, saat ini produsen mobil masih memiliki waktu untuk menentukan jenis penggerak listrik yang pas untuk pasar Indonesia. Selain itu, perkembangan mobil listrik juga masih memerlukan waktu terkait penerimaan masyarakat hingga ketersediaan infrastruktur pengisian daya.

Baca juga: PLN lakukan uji jalan mobil listrik Jakarta-Bandung

Baca juga: Pengenalan EV kepada UMKM bantu masyarakatkan energi bersih

Baca juga: Wuling kenalkan platform GSEV di GIIAS 2021
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021