Jakarta (ANTARA) - Lexus Indonesia memperkenalkan The All New Lexus RZ yang merupakan realisasi dari Lexus LF-Z Electrified Concept pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023.

The All New Lexus RZ memiliki salah satu teknologi yang membuat pengendara dan penumpangnya merasa sangat nyaman, yakni teknologi DIRECT4 Technology (All-Wheel-Drive) yang canggih dan terdepan.

Dikatakan oleh General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma bahwa teknologi tersebut diyakini pintar karena dapat menyesuaikan kondisi jalan yang dilaluinya.

Baca juga: Toyota akan luncurkan dua kendaraan mewah di Jepang

"Teknologi ini mengoptimalkan performa kendaraan sekaligus memberikan kondisi kemudi yang stabil sesuai dengan kondisi jalan sehingga baik pengemudi maupun penumpang akan merasakan pengalaman berkendara yang paling natural dan nyaman," kata Bansar Maduma di Arena GJAW 2023, Senin.

Tidak hanya penyelarasan di kondisi jalanan yang lurus dan bergelombang, Bansar juga mengakui kehebatan teknologi tersebut juga bisa dirasakan pada saat jalur menikung.

"Pada saat cornering, teknologi ini juga berlaku sehingga dapat membuat nyaman dan aman ketika menggunakan teknologi ini," jelas dia.

Mobil mewah ini juga sudah menggunakan platform terbaru khusus BEV, yakni e-TNGA platform yang membuat struktur kendaraan lebih rigid dengan pengemasan sistem penggerak elektrik yang efisien, sehingga bobot menjadi lebih ringan.

Selain itu dengan hadirnya lima fitur drive mode, seperti Normal, Sport, Eco, dan Custom, serta salah satu mode yang khusus tersedia pada RZ adalah mode Range yang mampu memaksimalkan jarak tempuh berkendara membuat pemiliknya memiliki banyak pilihan sesuai dengan kondisi.

The All New Lexus RZ juga sudah dibenamkan dengan unsur Omotenashi khas Lexus melalui fitur-fiturnya yang fokus pada kenyamanan pengemudi dan penumpang. Di bagian kemudi, terdapat cockpit dengan konsep Tazuna yang mampu meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan.

Desain shifter juga baru berbentuk Dial-Type Shifter yang sangat ringkas sehingga memudahkan pengemudinya saat mengoperasikan beberapa fitur kendaraan dengan voice command control termasuk on board assistant "Hi Lexus" juga telah tersedia.

The All New Lexus RZ menggunakan baterai berkapasitas 71,4kWh dan baterai jenis lithium-ion, The All New Lexus RZ mampu memberikan driving dynamics yang baik dengan jarak tempuh hingga 400 km.

Kendaraan yang belum memiliki harga resmi ini juga sudah dilengkapi dengan thermal management system yang berfungsi sebagai pendingin baterai sehingga membuat baterai lebih efisien dan tahan lama.

Lexus Indonesia mengklaim bahwa The All New Lexus RZ hanya memerlukan waktu sekitar 90 menit jika menggunakan DC Fast Charger dengan daya 50 kWh dari kondisi low-battery hingga baterai penuh 100 persen. Sedangkan jika menggunakan AC Wall Charger dengan daya 7,4 kWh, pengisian ulang baterai memerlukan waktu sekitar 10 jam.

Baca juga: Lexus pamerkan All New Lexus RZ di GJAW 2023

Baca juga: The All New Lexus RX dirilis lalu IVE lanjutkan tur "fancon" Asia

Baca juga: Toyota tarik 22.965 unit mobil impor Lexus di China
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023