Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otomotif penyedia jasa transportasi, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) membukukan laba bersih (NPAT) sebesar Rp412 miliar pada tahun 2021, naik signifikan sebesar 208 persen dibandingkan Rp134 miliar pada tahun 2020.

“Pertumbuhan positif di tahun 2021 didukung oleh kinerja yang baik dari seluruh entitas anak dimana seluruh segmen menunjukkan ketahanannya selama masa pandemi dengan kenaikan di level laba bersih; dan ini juga menunjukkan bahwa fokus dan strategi yang diimplementasikan sudah sesuai dengan tujuan kami dalam menjaga kinerja operasional yang solid," kata Group Chief Executive Officer MPMX Suwito Mawarwati dalam siaran pers, Kamis.

MPMX juga melaporkan bahwa mereka menyetujui laporan tahunan direksi serta pengesahan laporan keuangan perseroan tahun buku yang berakhir 31 Desember 2021 dan menyetujui dividen final tunai tahun buku 2021 untuk pemegang saham sebesar Rp180 per saham yang setara dividen yield 14 persen terhadap harga saham perseroan pada saat penutupan di hari Rabu (18/5).

Baca juga: MPMX catat pertumbuhan pendapatan Rp12,9 triliun, atau naik 15 persen

Dan sebagai hasilnya, neraca keuangan perseroan menjadi kuat dengan posisi kas yang mencapai Rp1,848 triliun per 31 Desember 2021 yang memungkinkan perseroan untuk mengapresiasi para pemegang saham melalui kombinasi pertumbuhan bisnis yang kuat dan distribusi dividen yang konsisten.

Secara keseluruhan, laba bersih (NPAT) perseroan di Kuartal I-2022 tercatat tetap baik didorong oleh peningkatan laba bersih (NPAT) bisnis inti sebesar 17 persen year on year (YoY), biaya operasional yang terkendali, dan peningkatan bagian laba Entitas Asosiasi JACCS MPM Finance Indonesia sebesar 8 persen YoY.

Dari sisi posisi keuangan, perseroan berhasil mempertahankan neraca yang sehat dengan kas dan setara kas yang kuat sebesar Rp2.197 miliar, meningkat 19 persen dibandingkan posisi akhir per 31 Desember 2021.

"Meskipun tantangan dari masa pandemi masih terasa hingga kuartal I tahun ini, tetapi kami optimis bahwa Perseroan mampu menjaga fundamental bisnis untuk tetap kokoh dan berhasil mempertahankan laju pertumbuhan dari kuartal sebelumnya," tambah dia.

Baca juga: MPMX inisiasi program MILAH

Baca juga: MPMX sabet Top Community Centric Company ACES 2021

Baca juga: MPMX buka kelas literasi digital, salurkan alat belajar online
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022