Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otomotif penyedia jasa transportasi, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) memperkuat bisnis mobil bekas dan membangun ekosistem otomotif end-to end melalui kerja sama dengan CARRO.

Kolaborasi strategis antara MPMX dan CARRO diharapkan dapat memberikan produk dan layanan yang kompetitif kepada pelanggan, termasuk akses lebih banyak pilihan mobil bekas berkualitas dan kolaborasi teknologi.

Baca juga: MPMX dan Carro bermitra hadirkan ekosistem otomotif terintegrasi

“Kombinasi antara kekuatan jaringan dan jangkauan yang dimiliki MPMX dan keahlian teknologi yang dimiliki CARRO akan memperkuat nilai bagi pelanggan melalui platform dengan skala yang jauh lebih besar," kata Group Chief Operating Officer MPMX, Ivan Hindarko, dalam siaran resmi pada Senin.

"Untuk menyediakan ekosistem end-to-end bagi konsumen di Indonesia, termasuk sewa kendaraan, lelang otomotif, online automotive marketplace, asuransi, serta pembiayaan otomotif. Perubahan itu dilakukan untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kekuatan masing-masing perusahaan, baik dari sisi MPMX maupun CARRO,” ungkap Ivan.

Bisnis B2C Platform Online OtoDeals

Platform penjualan mobil bekas ritel (B2C) OtoDeals yang diluncurkan MPMX di akhir tahun 2021 akan disatukan dengan platform CARRO yang telah memiliki basis marketplace otomotif terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara.

Strategi itu akan membuka akses pelanggan yang lebih luas dan potensi bisnis yang lebih besar pada bisnis asuransi dan pembiayaan otomotif MPMX dengan dukungan ekosistem CARRO. Kedua perusahaan akan memastikan pelaksanaan yang tepat dari integrasi ini dengan tetap mengutamakan customer journey.

Baca juga: MPMX rangkum laba bersih Rp412 miliar, naik 208 persen

Bisnis Lelang Otomotif

Salah satu bisnis yang dimiliki adalah Balai Lelang MPMRent (AUKSI) yang selama ini menunjukkan kinerja kuat dengan peningkatan nilai penjualan mobil bekas maupun jumlah peserta lelang. Dengan demikian, bisnis lelang otomotif CARRO Wholesale akan digabungkan ke dalam AUKSI, termasuk pemindahan seluruh jaringan diler mobil bekas dari CARRO Wholesale ke AUKSI.

AUKSI juga diperkuat kumpulan data historis (big data) seperti pergerakan lelang, algoritma harga, serta data dan analisa lain yang dimiliki CARRO Wholesale untuk peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) dalam proses bisnis AUKSI.

Selain itu sistem lelang online akan diperkuat dengan infrastruktur CARRO Wholesale (termasuk aplikasi digital, backend system) untuk meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman lelang online yang lebih baik lagi bagi pelanggan.

Konsolidasi itu ditargetkan dapat secara signifikan meningkatkan volume penjualan mobil bekas dan kinerja bisnis AUKSI, ditunjang upaya AUKSI untuk membuka cabang baru di beberapa kota besar pada tahun ini.


Baca juga: MPM Rent jajaki operasional EV dan percepat transformasi digital

Baca juga: Platform Otodeals resmi diluncurkan, mudahkan beli kendaraan bekas

Baca juga: JACCS MPM Finance kantongi fasilitas sindikasi asing 250 juta dolar AS
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022