Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otomotif penyedia jasa transportasi, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menyabet predikat sebagai "Saham Terbaik 2022".

Penghargaan Saham Terbaik 2022 merupakan predikat yang diberikan kepada emiten dan saham-saham terbaik melalui pemeringkatan yang dilakukan Majalah Investor dengan Edvisor.id sebagai perusahaan riset dan konsultan investasi pasar uang dan modal.

Baca juga: MPMX dan Carro bermitra hadirkan ekosistem otomotif terintegrasi

“Penghargaan ini merupakan wujud nyata dari peran serta seluruh stakeholders dan shareholders perseroan. Kami dedikasikan penghargaan ini kepada seluruh karyawan dan para investor atas kepercayaan dan peran sertanya dalam memajukan MPMX. Secara konsisten kami terus berupaya untuk memberikan imbal balik kepada para pemegang saham," ujar Beatrice Kartika, Group CFO MPMX dalam siaran resmi perusahaan pada Kamis.

Perusahaan menjelaskan, pemeringkatan itu mengacu pada empat indikator. Pertama, Financial Performance yang meliputi Operating Income Growth, Net Income Growth, EBItDA Margin & trend, Return On Equity & trend, Company’s Growth & Dividend Yield.

Kedua, indikator teknis yang meliputi Nilai transaksi Harian, Rasio Nilai Moving Average (Medium term vs Long term), ketiga Indikator Fair Value yang meliputi Price to Earnings (P/E), Price to Book Value (PBV), Konsensus Rating Saham (Publikasi Riset Sekuritas), dan terakhir, Indikator Statistik Kinerja meliputi Reward to Risk Ratio, Beta to IHSG.

Kriteria pemeringkatan itu didasarkan pada klasifikasi pengelompokan sektoral pada 11 sektor saham di IDX dan pengelompokan kapitalisasi yaitu Big Cap, Medium Cap dan Small Cap.

Kemudian juga berdasarkan Kriteria Penilaian yaitu emiten tercatat di IDX minimal 5 tahun, dengan rata-rata transaksi/hari dalam 1 tahun minimal Rp1 miliar, dan emiten tidak pernah gagal bayar ataupun menghadapi masalah legal dalam 5 tahun.

Dari sekitar 780 perusahaan yang tercatat, setidaknya ada 72 perusahaan yang masuk sebagai penerima penghargaan dari berbagai sektor dan kategori. MPMX berhasil mendapat penghargaan untuk Kategori Mid Cap (Kapitalisasi Pasar di Atas Rp500 miliar – Rp10 triliun) untuk Sektor Barang Konsumer Non-Primer.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh tim MPMX dalam membina dan memperkuat hubungan dengan seluruh stakeholders kami," kata Darma Putera, VP Corporate Business Development & Investor Relations MPMX.

"Penghargaan ini tentunya akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi, bertumbuh secara berkelanjutan, dan terus berkontribusi dalam sektor otomotif di Indonesia. Semoga award ini menjadi momentum bagi kita semua agar dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi dalam membangun Indonesia," tutup Darma Putera.



Baca juga: Kolaborasi MPMX dan CARRO perkuat ekosistem bisnis mobil bekas

Baca juga: MPMX jalankan program "Green Action" di NTT

Baca juga: JACCS MPM Finance targetkan himpun dana Rp600 miliar dari obligasi
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022